Connect With Us

9 Balita Kota Tangerang Terkena HIV/AIDS, Satu Tewas

| Kamis, 12 Mei 2011 | 19:08

abid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kota Tangerang, Ati Pramudji Hastuti (kiri), didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Lilly Indrawati, sedang menjelaskan perihal perkembangan penyakit Aids di Tangerang, Kamis (12/5). (tangerangnews / dira)


TANGERANG
-Sebanyak sembilan balita di Kota Tangerang terkena virus HIV/AIDS, satu diantaranya tewas. Meski begitu, jumlah orang yang mengidap HIV/AIDS terbilang menurun di Kota Tangerang.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Lilly Indrawati mengataka, untuk tahun 2010 ada 99 kasus AIDS, ada penurunan yang cukup signifikan dibandingkan 2009 yang mencapai 128 kasus.

Menurut Lilly, penurunan tersebut karena berbagai upaya yang dilakukan pihaknya. "Meski belum optimal, kami terus sosialisasi mengenai bahaya virus Aids dan penyebabnya," tandas Lilly.

Sementara itu, Ati Pramudji Hastuti, Kabid P2PL (Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan) Dinkes Kota Tangerang, mengatakan bahwa data tersebut tidak sepenuhnya akurat. "Sebetulnya banyak lagi penderita, tapi tidak terdata," ujarnya.

Menurut Ati, data tersebut berasal dari para penderita yang mau berobat ke rumah sakit atau klinik di Kota Tangerang.

"Banyak penderita yang tidak mau berobat karena malu dan takut dikucilkan masyarakat. Mereka ini tidak terdata sehingga jumlah pasti penderita Aids belum diketahui," ucapnya.

Menurut Ati, dari 99 kasus Aids yang terjadi di 2010, ada sembilan bayi yang tertular oleh ibunya. Dan ada satu orang bayi yang sudah meninggal akibat virus berbahaya itu. "Ada tujuh orang dewasa yang meninggal, 67 persen mereka terkena virus AIDS karena jarum suntik," ucapnya.

Yang memprihatinkan kata Ati, pengidap virus Aids itu adalah orang muda yang masih produktif. Yakni dari 99 kasus tadi, yang berusia 21 - 30 tahun mencapai 63 orang. Sedangkan empat orang lagi berusia 5 - 20 tahun. Sisanya baru berusia di atas 30 tahun.

Untuk menekan angka penderita Aids, lanjut Ati, pihaknya terus bersosialisasi ke berbagai tempat yang menjadi sarang penyebaran virus tersebut. Seperti ke tempat prostitusi, diskotik, hingga tempat waria. Bahkan ke dalam penjara seperti Lapas Dewasa Pria dibuka satu klinik bagi penderita AIDS. Klinik tersebut atas bantuan Global Fund dan Kementerian Hukum dan HAM.

Terkait anggaran penanganan virus Aids, kata Ati cukup memadai. "Setiap tahun yang dianggarkan dari APBD lebih dari Rp 1 miliar. Anggaran itu paling besar se-provinsi Banten," katanya.(DRA)

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

SPORT
Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:51

Tim bola voli putri Jakarta Electric PLN merekrut bintang muda voli dunia, Marina Markova, untuk memperkuat tim dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2024. Pemain dengan tinggi hampir 2 meter itu akan mengisi posisi lini serang tim.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:31

MLBB Profesional League (MPL) Indonesia season 13 telah memasuki Minggu ke-9.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill