Connect With Us

2010, Check In Tak Lagi Dilayani Petugas

| Kamis, 8 Oktober 2009 | 17:42

Kurangi Antrian Check-in di Bandara TANGERANGNEWS-Untuk mengurangi antrian panjang penumpang ketika di depan check-in counter area, pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan memasang mesin pembaca paspor dan mesin pemesan lokasi tempat duduk di dalam pesawat pada Terminal Internasional. Artinya, kalau selama ini penumpang melakukan check-in di counter perlu waktu karena harus antri, kedepan layaknya mesin anjungan tunai mandiri (ATM), semua bisa terselesaikan di mesin bernama Common Use Self Service Kiosk atau disingkat CUSSK. Rencananya alat ini akan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2010. Juru bicara PT Angkasa Pura Trisno Heriyadi mengatakan, seiring dengan perkembangan teknologi informasi di bidang penerbangan khususnya yang berhubungan dengan pelayanan penumpang di bandara. PT Angkasa Pura II mendorong perusahaan Specialist In air Transport Comunications out IT Solution atau SITA, yang biasa memasang alat IT di sejumlah bandara Internasional lainnya, untuk memasang mesin tersebut pada Bandara Internasional Soekarno-Hatta. “Kami minta agar bandara ini juga dipasangi itu, sehingga demikian akan memberikan kemudahan bagi penumpang khususnya frequent travellers untuk melakukan proses check-in sendiri tanpa petugas,” ujar Trisno Heriyadi, sore ini. Dengan tersedianya mesin itu, pihaknya berharap antrian penumpang tidak ada lagi. Karena alat tersebut akan di pasang menyebar di area keberangkatan bandara. Disamping itu, kata dia, benefit lain yang bisa didapatkan dengan beroperasinya CUSSK ini adalah pihak Airlines akan mengurangi biaya atas penanganan penumpang.”Sedangkan airport sendiri dilain pihak dapat mengoptimalkan kapasitas bandara serta peningkatan kenyamanan penumpang,” katanya. Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura II Robert D Waloni mengatakan, masyarakat tidak akan dikenakan biaya tambahan dalam menggunakan mesin tersebut. Dia mengatakan, mesin seperti ini sudah digunakan bandara lain sejak lima tahun yang lalu. Diantaranya dalah di Malaysia, Siangpura, Hongong dan India. Menurut rencana, kata dia, jika tidak ada hambatan mesin seperti itu akan mulai digunakan pada pertengahan tahun 2010. “Kami targetkan 2010 sudah bisa,” katanya. Sementara itu pantauan Seputar Indonesia ketika dilakukan demonstasi alat itu kemarin di Bandara Soekarno-Hatta, mesin itu cukup mudah digunakan. Penumpang cukup menempelkan paspor, lalu jika paspor dianggap tidak ada masalah akan muncul warna hijau. Kemudian, penumpang tinggal memilik lokasi tempat duduk. Setelah proses itu selesai makan akan keluar print out. "Tahap awal agar penumpang tidak kesulitan kita akan menyiapakan petugas di dekat mesin itu," tandasnya. (denny irawan)
BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

NASIONAL
PLTA Jatigede Rampung Dibangun, Kapasitasnya 2 x 55 MegaaWatt

PLTA Jatigede Rampung Dibangun, Kapasitasnya 2 x 55 MegaaWatt

Kamis, 16 Mei 2024 | 14:18

PT PLN (Persero) telah menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede dengan kapasitas 2 x 55 MegaWatt (MW) di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis, 16 Mei 2024.

HIBURAN
Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:31

MLBB Profesional League (MPL) Indonesia season 13 telah memasuki Minggu ke-9.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill