Connect With Us

Pak Menteri, Ada yang Nyontek Massal di Yogyakarta Tuh!

EYD | Kamis, 7 April 2016 | 12:11

Penampakan ketika Ombudsman Yogyakarta memaparkan aksi contek massal saat ujian nasional melalui grup Line (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG – Ketika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyebut Ujian Nasional (UN) kali ini berjalan lancar dan kecurangan menurun drastis, tidak demikian dengan prilaku buruk siswa yang nyontek massal lewat grup Line di Yogyakarta.

Keburukan 195 siswa yang tergabung dalam grup itu mencuat setelah pelapor yang tidak mau identitasnya dipublikasikan ini mengadu ke Ombudsman Perwakilan Yogyakarta hari ini. Dia melaporkan percakapan grup Line yang diperolehnya pada Senin (4/4) lalu saat UN mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kepada Ombudsman Yogyakarta, pelapor melampirkan bukti berupa screenshot percakapan tersebut. Di screenshot itu, tampak ada salah seorang anggota grup yang mengunggah foto soal UN Bahasa Indonesia. "Selesai mengunggah foto soal, siswa yang bersangkutan menanyakan jawaban kepada anggota grup," ujar Ketua Ombudman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Yogyakarta Budi Masturi.

Hal ini disampaikan Budi di kantornya Jalan Wolter Monginsidi, Yogyakarta, Kamis (7/4/2016). "Dari bukti screenshot yang kami terima jumlahnya ada tujuh (gambar soal). Empat untuk UNBK dan tiga untuk UN PBT," imbuhnya.

Pelapor telah mengakui foto soal di grup itu sama dengan soal yang dikerjakannya. Namun, berbeda nomor urut soalnya saja. Tak hanya itu, pelapor juga tidak tahu identitas semua anggota grup tersebut. Asisten Penyelesaian Laporan ORI Perwakilan DIY, Nugroho Andriyanto menduga anggota grup itu tak hanya berisi siswa dari Yogyakarta saja.

KAB. TANGERANG
Hindari Lubang, Pemotor Wanita Jatuh hingga Luka-luka di Jalan Raya Serang Tangerang

Hindari Lubang, Pemotor Wanita Jatuh hingga Luka-luka di Jalan Raya Serang Tangerang

Jumat, 3 Mei 2024 | 16:18

Seorang wanita pengendara sepeda motor terjatuh saat mengindari lubang besar di Jalan Raya Serang, Tepatnya di depan Pertamina Gas, Desa Kadu Jaya, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Akibatnya korban mengalami luka-luka

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

TANGSEL
Siswi SMP Diduga Dilecehkan Pria Berjaket Ojol usai Pulang Sekolah di Ciputat Tangsel

Siswi SMP Diduga Dilecehkan Pria Berjaket Ojol usai Pulang Sekolah di Ciputat Tangsel

Sabtu, 4 Mei 2024 | 14:45

Seorang siswi kelas 8 sekolah menengah pertama (SMP) di Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, diduga menjadi korban pelecehan usai pulang sekolah. Pelakunya diduga seorang pria yang mengenakan jaket ojek online (ojol).

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill