Connect With Us

Kemenag: Pemberangkatan Jemaah Umrah Kembali Ditunda hingga 2022

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 18 Desember 2021 | 11:50

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Hilman Latief. (@TangerangNews / Kemenag RI)

TANGERANGNEWS.com-Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief  menyampaikan bahwa pemerintah memutuskan kembali menunda pemberangkatan jemaah umrah Indonesia hingga tahun 2022.

Hal tersebut menyusul adanya imbauan dari Presiden Joko Widodo dan arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terkait adanya varian baru Covid-19 Omicron. 

“Keputusan ini diambil setelah pihak Kemenag menggelar rapat dengan Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU),” kata Hilman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 18 Desember 2021. 

Hilman mengatakan, pihaknya mengutamakan aspek perlindungan jemaah di tengah pandemi Covid-19, terlebih setelah adanya varian baru Omicron. “Untuk itu, keberangkatan jemaah umrah kembali ditunda hingga awal tahun 2022, kita berharap kondisi segera membaik,” ujarnya.

Ia menuturkan, secara umum asosiasi PPIU mendukung imbauan pemerintah untuk menunda keberangkatan meski ada kekecewaan dan kesedihan karena rencana umrah sudah lama tertunda. 

Namun, menurut Hilman, semua pihak dapat memahami kondisi pandemi yang belum usai, bahkan muncul varian baru Omicron. "Secara umum asosiasi PPIU memahami dan menaati imbauan untuk tidak ke luar negeri,” ucapnya.

Sebagai regulator dan pengawas penyelenggaraan ibadah umrah, lanjut Hilman, Kemenag terus melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait untuk terus mengupayakan terselenggaranya ibadah umrah yang sehat dan aman. “Ada harapan agar tetap ada pemberangkatan, meski jumlahnya diperkecil,” kata dia.

Menurut Hilman, penyelenggaraan umrah di masa pandemi sekaligus menjadi barometer penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M. "Penundaan ini tentu keputusan yang pahit. Tapi, ini dilakukan demi kebaikan bersama. Kami harap semua bisa memahami dan semoga ada hikmah dari keputusan ini," tutur Hilman.

Lebih jauh Hilman menambahkan, diharapkan imbauan pemerintah tersebut juga diberlakukan kepada seluruh rencana penerbangan ke luar negeri, tidak hanya pada umrah saja.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill