Connect With Us

Pengamat: Buktikan Kinerjanya, Wajar Airlangga Diinginkan Publik Jadi Capres

Tim TangerangNews.com | Kamis, 7 Juli 2022 | 14:47

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad menilai munculnya nama Airlangga dalam sejumlah survei menunjukkan tokoh dengan bukti kinerja semakin diinginkan masyarakat untuk menjadi calon presiden. Menurut Suparji, temuan Dinamika Survei Indonesia (DSI) relevan dengan apa yang terjadi saat ini.

Yakni, masyarakat semakin cerdas untuk memilih kandidat capres yang sudah menunjukkan kinerjanya selama bekerja. Ia mengatakan, wajar Airlangga saat ini menjadi sosok yang diinginkan masyarakat karena telah membuktikan kinerjanya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Posisi Airlangga saat ini sangat krusial di pemerintahan. Selain sebagai Menteri yang membidangi perekonomian, Ketua Umum DPP Partai Golkar ini juga menjadi sosok sentral dalam penanganan pandemi Covid-19 sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

“Hasil survei menjadikan peluang Airlangga sebagai capres 2024 terus meningkat, karena dia itu telah membuktikan dalam kinerjanya baik sebagai Menko Perekonomian dan Ketum Golkar,” tutur Suparji dalam keterangan, Kamis (7/7/2022).

Sebelumnya, DSI menempatkan nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang dianggap paling berintegritas oleh 2.050 responden. Nama Airlangga mengungguli sejumlah tokoh yang dinilai bakal menjadi calon presiden lainnya pada Pilpres 2024.

Dalam survei DSI, kualitas tertinggi kepemimpinan diukur dari integritas tokoh menduduki jabatan publik. Airlangga dipilih sebanyak 89,80 persen responden sebagai bakal capres berintegritas.

Di posisi kedua, muncul nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan 78,80 persen, disusul KSAD Dudung Abdurachman dengan 78,10 persen. Selanjutnya, muncul nama-nama seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani.

Selain dinilai paling berintegritas, Airlangga juga teratas dipilih responden karena memenuhi dua kriteria pemimpin ideal. Yakni, teratas dalam kriteria pemimpin yang menginspirasi dengan 85,80 persen dan urutan kedua sebagai pemimpin yang mengambil keputusan tepat di waktu yang tepat dengan 86,20 persen.

Survei DSI juga menemukan Airlangga menjadi tokoh yang kebijakan dan programnya dinilai responden paling dirasakan dalam kehidupan ekonomi dan sosial.

Nama Airlangga Hartarto disebut oleh 37,2 persen responden yang kebijakan dan programnya paling banyak dirasakan, jauh di atas kandidat capres lain yang saat ini mengisi jabatan publik.

Menurut Suparji, selain membuktikan kinerja di jabatan publik, Airlangga juga dinilai berhasil membawa perubahan pada Partai Golkar. Airlangga dinilai berhasil menyatukan kader-kader Golkar menjadi solid. Golkar saat ini dalam kondisi baik untuk menghadapi Pemilu 2024. 

"Airlangga menyatukan kader-kader ditubuh Golkar semakin solid, kepercayaan itulah yang menjadi elektabilitas Golkar terus tinggi," tegas Suparji.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

TEKNO
OpenIn Gandeng Telkomsel, Inisiasi Era Baru Layanan Location Intelligence untuk Bisnis di Indonesia

OpenIn Gandeng Telkomsel, Inisiasi Era Baru Layanan Location Intelligence untuk Bisnis di Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 | 19:45

Dalam langkah inovatif untuk ekosistem bisnis Indonesia, OpenIn, pelopor dalam layanan location intelligence, mengumumkan kolaborasi strategis dengan Telkomsel, penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill