Connect With Us

Bimtek Wirausaha, Airin Harap Pengangguran di Tangsel Berkurang

Rachman Deniansyah | Senin, 25 Februari 2019 | 19:00

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) dan Aneka Kementrian Industri RI menggelar bimbingan teknis (bimtek) kepada sebanyak 150 wirausaha baru se-Kota Tangerang Selatan di Saphire Sky Hotel and Conference BSD, Tangerang, Senin (25/2/2019).

Dalam kegiatan tersebut, para wirausaha baru diberikan pengetahuan serta dibimbing terkait menumbuhkan dan mengembangkan Industri Kecil Menengah (IKM) dan Aneka. 

Selain para wirausaha baru, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, Anggota Komisi VI DPR RI Inas Nasrullah Zubir, Kepala Subdirektorat IKM Alat Angkut Irvan Kuswardana, Kepala Disperindag Tangsel Maya Mardiana. 

Kepala Subdirektorat IKM Alat Angkut, Irvan Kuswardana, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program Kementrian Perindustrian yang mengusahakan untuk menumbuhkan dan mengembangkan wirausaha baru khususnya IKM. 

"Target kami adalah 20 ribu IKM baru tumbuh dibagi dalam 5 tahun. Oleh karena itu, peserta diberikan pengenalan secara teknis dan permodalan untuk tumbuh menjadi wirausaha baru," jelas Irvan. 

Selain bimtek, pihaknya juga akan memberikan bantuan subsidi bagi IKM yang akan membeli mesin dalam rangka peningkatan kapasitas.

Sementara Inas Nasrullah Zubir, mengatakan bahwa Indonesia harus bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah, agar rakyat Indonesia, khususnya yang berada di Tangsel dapat lebih mandiri dengan menjadi wirausaha.

"Sehingga pelatihan ini penting untuk menjadi wirausaha, namun bukan hanya perindustrian saja tapi bisa didukung oleh BUMN, sehingga kita harapkan masyarakat di Tangsel mampu untuk membangun usahanya," ungkapnya. 

Namun demikian, Inas berharap bimbingan semacam ini tidak berhenti disini, melainkan ada tindak lanjutnya. 

"Kepala Daerah juga harus bisa jadi public relation, dimana bisa mempromosikan produk yang ada di wilayahnya. Sehingga bisa lebih terkenal ke luar daerah. Dengan adanya pembeli dari luar daerah maka bisa menumbuhkan perekonomian," tukasnya. 

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa menciptakan wirausaha baru IKM merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan pembangunan ekonomi daerah.

Menurutnya, hal itu bisa dicapai salah satunya melalui program dan kegiatan fasilitasi tumbuh kembang wirausaha baru, pengembangan potensi produk unggulan dan pelatihan, bimbingan teknis dan fasilitasi lainnya.

"Besar harapan kami dapat terus bersinergi dengan Kementerian Perindustrian dalam meningkatkan mutu dan kualitas para pelaku usaha di Kota Tangerang Selatan, baik melalui kegiatan bimbingan teknis maupun kegiatan Iain," kata Airin.

Melalui bimtek itu, Airin berharap produk yang dihasilkan wirausaha di Tangsel dapat bersaing secara nasional maupun internasional.

"Dan berdampak positif dalam mengurangi angka pengangguran serta terus meningkatkan bertumbuhnya wirausaha baru di Kota Tangsel," harapnya.(MRI/RGI)

BANDARA
Penumpang Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 26 Juta Orang

Penumpang Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 26 Juta Orang

Kamis, 18 Juli 2024 | 18:55

Jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Kota Tangerang sudah mencapai angka 26 juta pada Semester I/2024.

TEKNO
Bahaya, Segera Hapus Jejak Digital di Internet dengan Cara Ini

Bahaya, Segera Hapus Jejak Digital di Internet dengan Cara Ini

Kamis, 18 Juli 2024 | 18:45

Segala aktivitas di dunia maya meninggalkan jejak digital yang berisi informasi tentang aktivitas penggunanya.

KAB. TANGERANG
5 Petugas PPK Rajeg Tangerang Diduga Pesta Miras, Bawaslu Bakal Proses

5 Petugas PPK Rajeg Tangerang Diduga Pesta Miras, Bawaslu Bakal Proses

Kamis, 18 Juli 2024 | 16:39

Sebanyak 5 petugas Panitia Penyelenggara Pemilu (PPK) Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang diduga pesta minuman keras (miras).

TANGSEL
Jaga Shift Malam, Pagi-pagi Satpam di Pondok Aren Tangsel Ditemukan Tewas Tergeletak

Jaga Shift Malam, Pagi-pagi Satpam di Pondok Aren Tangsel Ditemukan Tewas Tergeletak

Kamis, 18 Juli 2024 | 18:27

Seorang pria berinisial AD, 48, yang berprofesi sebagai satpam di salah satu gedung di Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ditemukan tergeletak sudah tak bernyawa, Kamis 18 Juli 2024, pagi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill