Connect With Us

Mahasiswa Diajak Sukseskan Pilkada Tangsel 

Rachman Deniansyah | Kamis, 27 Februari 2020 | 19:01

Ketua KPU Provinsi Banten, Wahyu Furqon usai melakukan Sosialisasi Pilkada Tangsel di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Cireundeu, Ciputat Timur, Tangsel, Kamis (27/2/2020). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan pada September 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan tengah gencar melakukan sosialisasi.

Kali ini, KPU Tangsel telah menggandeng mahasiswa untuk bersama-sama mewujudkan situasi politik pada Pilkada Tangsel tetap aman dan tentram.

Ketua KPU Provinsi Banten Wahyu Furqon mengatakan, langkah awal yang harus dijalani, yakni mengajak mahasiswa agar dapat bersama-sama menangkal hoaks, atau kabar bohong. 

"Pengalaman tahun Pemilu 2019, hoaks itu sangat kuat, kita tidak ingin teman-teman mahasiswa terpengaruh," ungkap Wahyu usai sosialisasi yang dilaksanakan di Fakultas Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Jalan KH. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat Timur, Tangsel, Kamis (27/2/2020).

Ia mengharapkan agar mahasiswa dapat lebih jernih dalam menerima informasi. Dengan demikian, maka mahasiswa juga dapat mengedukasi masyarakat jika ada informasi yang keliru. 

"Saya berharap mahasiswa ini bisa menjadi agent of change (agen perubahan) dalam mengawal proses pemilihan kepala daerah di Tangsel ini dengan baik," harap Wahyu. 

Wahyu pun menaruh harapan besar kepada mahasiswa, khususnya di Tangsel, untuk dapat menjadi contoh pemilih yang cerdas.

Komisioner KPU Tangsel Muhamad Taufik usai melakukan Sosialisasi Pilkada Tangsel di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Cireundeu, Ciputat Timur, Tangsel, Kamis (27/2/2020).

"Pemilih yang berintegritas, pemilih yang memang tau rekam jejak orang yang mereka pilih. Serta jelas jangan hanya memilih karena menjalankan haknya saja tanpa menyusuri, siapa sih yang pantas mereka pilih," ujarnya. 

Komisioner  KPU Tangsel Muhamad Taufik mengatakan telah memiliki kiat-kiat khusus untuk menyukseskan Pilkada Tangsel. 

Kata dia, caranya, konsisten menjalankan tahapan Pilkada secara tegak lurus. 

"Ada Undang-undang, PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum), maupun petunjuk atau pedoman teknis dari KPU sebagai langkah pedoman kita," ucap Taufik. 

Taufik menambahkan, selain itu, KPU juga telah berkomunikasi secara intens dengan stakeholder terkait untuk mengantisipasi segala permasalahan dalam Pilkada 2020 mendatang.

"Misal tentang daftar pemilih, dan meningkatkan tingkat paritispasi, kita sudah komunikasi dengan Disdukcapil. Kemudian bagaimana pemetaan ormas, dan mendekati proses atau tahapan kampanye, kita sudah komunikasi dengan Kesbangpol sebagai leading sektor kepemiluan di Tangsel," paparnya. 

Tak lupa, kata Taufik, KPU pun secara aktif telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan unsur kepolisian dan TNI. 

"Baik dari segi proses, dan baik dari sisi hasil. Tentu juga agar diterima oleh masyarakat," pungkasnya. (RMI/RAC)

OPINI
Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:21

Adapun perpanjangan waktu ekspor konsentrat tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mempertimbangkan kelangsungan produksi dan pencapaian hilirisasi industri.

SPORT
Tumbangkan Bandung BJB Tandamata 3-2, Jakarta Electric Lolos 4 Besar PLN Mobile Proliga 2024

Tumbangkan Bandung BJB Tandamata 3-2, Jakarta Electric Lolos 4 Besar PLN Mobile Proliga 2024

Minggu, 16 Juni 2024 | 13:03

Jakarta Electric PLN kembali berhasil mengalahkan juara bertahan Bandung BJB Tandamata dengan skor 3-2 dalam lanjutan putaran kedua PLN Mobile Proliga 2024 di Gedung Olahraga Ken Arok, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu, 15 Juni 2024.

BANTEN
PPDB Banten Tingkat SMA/SMK 2024 Dibuka, Begini Alur Pendaftarannya

PPDB Banten Tingkat SMA/SMK 2024 Dibuka, Begini Alur Pendaftarannya

Kamis, 20 Juni 2024 | 11:30

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Banten 2024 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah resmi dimulai sejak Rabu, 19 Juni 2024.

NASIONAL
PLN Pimpin Perkembangan Ekosistem Hidrogen di Indonesia 

PLN Pimpin Perkembangan Ekosistem Hidrogen di Indonesia 

Kamis, 20 Juni 2024 | 15:32

PT PLN (Persero) dipercaya untuk memimpin pengembangan ekosistem hidrogen di Indonesia, yang dinilai pemerintah tidak hanya mempercepat transisi energi tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill