Connect With Us

Waspada Petir & Angin Kencang di Tangsel Sampai Oktober

Rachman Deniansyah | Senin, 21 September 2020 | 15:07

Ilustrasi Musim Pancaroba. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kini mulai memasuki masa pancaroba atau transisi antara musim kemarau dan musim hujan. 

Hal itu ditandai dengan turunnya hujan dengan durasi dan intensitas yang bervariasi beberapa hari terakhir ini. 

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kota Tangsel Yanuar Henry Pribadi mempredikai kondisi tersebut akan terus terjadi hingga akhir Oktober mendatang.

"Ya memang potensi hujan saat ini, karena kan sekarang memasuki masa transisi (pancaroba) dari musim kemarau ke hujan. Jadi memang potensi hujan saat ini memang akan bervariasi dan turun sesekali sampai akhir Oktober," ujar Yanuar saat dihubungi, Senin (21/9/2020). 

Kepada Tangerangnews, Yanuar menyebut dalam kondisi ini hujan yang turun berpotensi akan disertai angin kencang dan petir. Untuk itu, masyarakat khususnya di Tangsel diimbau agar terus waspada.

"Jadi akan ada hujan dengan durasi singkat yang disertai potensi angin kencang dan petir. Itu yang harus diwaspadai di musim transisi ini," imbaunya.

Untuk intensitasnya, Yanuar memprediksi hujan akan turun dengan curah yang tidak terlalu tinggi, yakni sekitar 10 sampai 20 milimeter  dalam waktu satu hari.

“Tapi yang memang harus diwaspadai adalah adanya potensi petir dan angin kencangnya itu. Kalau durasinya pendek, biasanya potensi mulai dari siang hingga sore," katanya.

Selain di wilayah Tangsel, kondisi serupa juga akan terjadi di wilayah Kabupaten Tangerang bagian selatan. Kondisi itu akan bertahan hingga musim penghujan, yakni sekitar bulan Oktober.

"Saat memasuki musim penghujan di bulan Oktober akhir, hujannya masih akan berpotensi terjadi tapi mungkin tidak disertai dengan angin kencang dan petir lagi," pungkasnya.(RAZ/HRU)

OPINI
Pajak THR Bikin Geger

Pajak THR Bikin Geger

Senin, 8 April 2024 | 15:41

Di tengah tuntutan perekonomian hidup yang serba mahal menjelang hari raya idul Fitri, masyarakat makin dikagetkan dengan kebijakan pajak bagi setiap penerima Tunjangan Hari Raya (THR) 2024.

SPORT
Sempat Dipecat, Luis Edmundo Balik Jadi Pelatih Persita di Sisa Musim Liga 1 2023/2024

Sempat Dipecat, Luis Edmundo Balik Jadi Pelatih Persita di Sisa Musim Liga 1 2023/2024

Kamis, 4 April 2024 | 06:06

Sosok asal Chile, Luis Edmundo Duran kembali didapuk menjadi pelatih Persita Tangerang untuk menjalani sisa musim Liga 1 musim 2023/2024.

KOTA TANGERANG
Lagi Ditinggal Mudik, Rumah Ayam Potong di Karawaci Tangerang Ludes Terbakar

Lagi Ditinggal Mudik, Rumah Ayam Potong di Karawaci Tangerang Ludes Terbakar

Sabtu, 13 April 2024 | 12:40

TANGERANGNEWS.com-Satu unit rumah tempat usaha ayam potong terbakar di Jalan Teladan 1, RT03/04, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, ludes terbakar, Sabtu 13 April 2024, dini hari.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill