Connect With Us

Istri Menteri Kursus Melipat di Indah Kiat

| Kamis, 24 Mei 2012 | 17:26

Para isteri Menteri Kabinet Indonesia Bersatu. (tangerangnews / dira)


TANGERANG-Beberapa istri menteri yang tergabung dalam SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu), Kamis (24/5), mengikuti kursus melipat kertas Kokoru (kertas bergelombang warna-warni) di pabrik Indah Kiat, Serpong, Tangerang Selatan. Setelah kursus mereka akan menularkan teknik pelipatan kertas itu kepada masyarakat.

"Kursus ini untuk mengembangkan kreativitas, karena selanjutnya akan kami ajari kepada ibu-ibu yang lain. Karena sangat bermakna," ucap Laili Rahmawati Nuh, Koordinator Indonesia Pintar yang juga istri Menteri Pendidikan Mohammad Nuh.

Menurut Laili, bersama rombongan pengajar dari Rumah Pintar, SIKIB coba mengajak berkunjung ke pabrik kertas Indah Kiat di Serpong, untuk mengikuti kursus melipat kertas Kokoru. Karena kertas Kokoru adalah jenis kertas baru, yang sangat bermakna jika dibentuk menjadi sebuah aksesoris.

Laili sendiri hadir bersama Ida Denny Indrayana, Rose Anton Apriyantono, dan Ina Manoarva. "Hasilnya sangat menarik. Saat kami lihat tampaknya mudah, tapi setelah dicoba ternyata sulit juga," ucapnya.

Sementara itu, menurut Lusiana Goh Mulia, Kepala Pabrik Indah Kiat Tangerang, kertas Kokoru adalah jenis kertas yang baru dikembangkannya. "Baru satu tahun kami produksi kertas jenis ini. Kapasitas produksinya juga masih kecil, baru 10 ton/bulan. Target kami jadi 100 ton/bulan," ucapnya.

Sebagai produsen kertas nasional, kata Lusiana, pihaknya terus berupaya mengembangkan produk baru berbahan kertas. "Saat pabrik ini didirikan tahun 1976, dan berproduksi 1978, awalnya kami memproduksi kertas putih dengan kapasitas produksi 50.000 ton/tahun. Tapi sejak 1998 kami beralih memproduksi kertas berwarna," ucapnya.

Saat ini, sebagai produsen kertas yang cukup besar, Indah Kiat mampu memproduksi hingga 100.000 ton/tahun kertas berwarna. Dari jumlah itu sekitar 90 persen diekspor ke 65 negara dunia, dan sisa 10 persen dijual ke pasar domestik.

"Kami terus inovasi, memproduksi kertas untuk alquran. Kertas itu kami jual ke Timur Tengah dan Indonesia. Selain itu kami juga produksi kertas yang memiliki keunggulan komparatif yaitu memo tempel," ucapnya.

Sementara itu menurut Hendra Gunawan, Managing Director Corporate Affair Asia Pulp and Paper, pihaknya sengaja mengundang ibu-ibu pejabat yang tergabung di SIKIB dan guru-guru PAUD, kursus kertas Kokoru, untuk memperkenalkan manfaat dan kegunaan kertas jenis baru itu.

"Selama ini untuk prakarya orang selalu menggunakan kertas berwarna polos, itu sudah biasa. Sekarang ini ada kertas berwarna yang bergelombang. Hasil dari prakarya itu jauh lebih bagus dan menarik," ucapnya.

Para guru dan ibu-ibu pejabat dibekali cara berkreasi dengan kertas Kokoru, agar bisa menularkan kepada anak didik dan ibu-ibu lainnya dalam berkreativitas. "Hasil dari kerajinan kertas Kokoru ini bisa dijual, dan ibu-ibu bisa mendapatkan hasilnya," ujarnya.(DRA)

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

HIBURAN
Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:31

MLBB Profesional League (MPL) Indonesia season 13 telah memasuki Minggu ke-9.

PROPERTI
Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Kamis, 16 Mei 2024 | 22:21

Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni Northridge Ultimate Business Center. Berlokasi strategis di pusat BSD City, klaster komersial premium ini dibangun di atas lahan seluas 9.972 m2.

NASIONAL
Sambut KTT WWF ke-10, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan

Sambut KTT WWF ke-10, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 14:03

PT PLN (Persero) menggelar Apel Siaga Kelistrikan di kantor PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali pada Jumat, 17 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill