Connect With Us

Kenali Risikonya, 4 Bahaya Mengakses Dark Web

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 17 Mei 2023 | 10:58

Ilustrasi Hacker (google / TangerangNews)

TANGERANGNEWS.com- Internet yang saat ini kita gunaka rupanya memiliki sisi gelap atau dikenal dengan Dark Web, yakni bagian tersembunyi dari internet, menyimpan banyak rahasia gelap dan aktivitas ilegal. 

Meskipun beberapa orang mungkin merasa penasaran untuk mengaksesnya, penting untuk menyadari risiko dan bahaya yang terkait dengan memasuki dunia Dark Web. Berikut beberapa bahaya mengakses Dark Web dan potensi konsekuensinya yang serius.

1. Kejahatan dan Kegiatan Ilegal

Dark Web adalah tempat di mana berbagai kegiatan ilegal berlangsung. Anda dapat menemukan pasar gelap yang menjual narkotika terlarang, senjata, data pribadi yang dicuri, kartu kredit palsu, dan bahkan menyewa penyedia layanan kejahatan seperti penyadap atau penyerang cyber. Mengakses dan terlibat dalam aktivitas semacam itu bisa melibatkan Anda dalam dunia kriminal yang berbahaya dan melanggar hukum.

2. Ancaman Keamanan dan Privasi

Mengakses Dark Web melalui perangkat lunak anonim seperti Tor tidak menjamin sepenuhnya privasi dan keamanan Anda. Pemerintah dan badan penegak hukum memiliki kemampuan untuk melacak aktivitas Anda, terutama jika Anda terlibat dalam kegiatan ilegal. Selain itu, situs web di Dark Web sering kali penuh dengan malware dan serangan siber yang dapat merusak perangkat Anda dan mencuri informasi pribadi Anda.

3. Penipuan dan Penipuan

Dark Web adalah tempat yang subur bagi penipuan dan penipuan online. Banyak pengguna yang tidak berpengalaman dapat menjadi sasaran penipu yang mencoba menjual barang palsu, menipu dalam transaksi, atau mencuri uang secara online. Risiko kehilangan uang dan informasi pribadi sangat tinggi di lingkungan Dark Web.

4. Dampak Emosional dan Psikologis

Mengakses Dark Web juga dapat memiliki dampak emosional dan psikologis yang serius. Anda mungkin terpapar konten kekerasan, pornografi ilegal, atau bahkan situs web yang mendorong kegiatan ekstremis atau terorisme. Ini dapat menyebabkan trauma dan mengganggu kesejahteraan mental Anda.

Dark Web memiliki berbagai risiko dan bahaya yang signifikan, seperti terlibat dalam kegiatan ilegal, mengalami ancaman keamanan dan privasi, menjadi korban penipuan, dan mengalami dampak emosional dan psikologis negatif adalah konsekuensi serius dari menjelajahi dunia Dark Web. 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menjauh dari Dark Web dan berfokus pada penggunaan internet yang aman dan legal. Jaga privasi Anda, hindari risiko yang tidak perlu, dan berpartisipasilah dalam kegiatan online yang positif dan bermanfaat.

KOTA TANGERANG
Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Jumat, 19 April 2024 | 09:51

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana melakukan penataan terhadap Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill