Connect With Us

Kenali Risikonya, 4 Bahaya Mengakses Dark Web

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 17 Mei 2023 | 10:58

Ilustrasi Hacker (google / TangerangNews)

TANGERANGNEWS.com- Internet yang saat ini kita gunaka rupanya memiliki sisi gelap atau dikenal dengan Dark Web, yakni bagian tersembunyi dari internet, menyimpan banyak rahasia gelap dan aktivitas ilegal. 

Meskipun beberapa orang mungkin merasa penasaran untuk mengaksesnya, penting untuk menyadari risiko dan bahaya yang terkait dengan memasuki dunia Dark Web. Berikut beberapa bahaya mengakses Dark Web dan potensi konsekuensinya yang serius.

1. Kejahatan dan Kegiatan Ilegal

Dark Web adalah tempat di mana berbagai kegiatan ilegal berlangsung. Anda dapat menemukan pasar gelap yang menjual narkotika terlarang, senjata, data pribadi yang dicuri, kartu kredit palsu, dan bahkan menyewa penyedia layanan kejahatan seperti penyadap atau penyerang cyber. Mengakses dan terlibat dalam aktivitas semacam itu bisa melibatkan Anda dalam dunia kriminal yang berbahaya dan melanggar hukum.

2. Ancaman Keamanan dan Privasi

Mengakses Dark Web melalui perangkat lunak anonim seperti Tor tidak menjamin sepenuhnya privasi dan keamanan Anda. Pemerintah dan badan penegak hukum memiliki kemampuan untuk melacak aktivitas Anda, terutama jika Anda terlibat dalam kegiatan ilegal. Selain itu, situs web di Dark Web sering kali penuh dengan malware dan serangan siber yang dapat merusak perangkat Anda dan mencuri informasi pribadi Anda.

3. Penipuan dan Penipuan

Dark Web adalah tempat yang subur bagi penipuan dan penipuan online. Banyak pengguna yang tidak berpengalaman dapat menjadi sasaran penipu yang mencoba menjual barang palsu, menipu dalam transaksi, atau mencuri uang secara online. Risiko kehilangan uang dan informasi pribadi sangat tinggi di lingkungan Dark Web.

4. Dampak Emosional dan Psikologis

Mengakses Dark Web juga dapat memiliki dampak emosional dan psikologis yang serius. Anda mungkin terpapar konten kekerasan, pornografi ilegal, atau bahkan situs web yang mendorong kegiatan ekstremis atau terorisme. Ini dapat menyebabkan trauma dan mengganggu kesejahteraan mental Anda.

Dark Web memiliki berbagai risiko dan bahaya yang signifikan, seperti terlibat dalam kegiatan ilegal, mengalami ancaman keamanan dan privasi, menjadi korban penipuan, dan mengalami dampak emosional dan psikologis negatif adalah konsekuensi serius dari menjelajahi dunia Dark Web. 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menjauh dari Dark Web dan berfokus pada penggunaan internet yang aman dan legal. Jaga privasi Anda, hindari risiko yang tidak perlu, dan berpartisipasilah dalam kegiatan online yang positif dan bermanfaat.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

KAB. TANGERANG
Pj Bupati Tangerang Sebut May Day Jadi Momen Pererat Hubungan Buruh dan Pengusaha

Pj Bupati Tangerang Sebut May Day Jadi Momen Pererat Hubungan Buruh dan Pengusaha

Kamis, 2 Mei 2024 | 00:50

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony menyebut peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2024, menjadi momen merekatkan hubungan antara buruh dengan pengusaha, hingga pemerintah.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill