Connect With Us

Kemenparekraf Sebut Laksa Jadi Sup Khas Indonesia yang Mendunia

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 15 Oktober 2023 | 19:00

Laksa Tangerang. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Laksa, kuliner khas Tangerang dinobatkan sebagai sup khas Indonesia yang mendunia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Bukan tanpa alasan, hal ini berdasarkan masuknya Laksa dalam jajaran “50 Best Soups in the World 2023” versi Taste Atlas. 

"Makanan berkuah khas Indonesia ini berhasil mengalahkan sup-sup enak lainnya di dunia, seperti Ramen dari Jepang, hingga Tom Kha Gai dari Thailand," ujar Kemenparekraf melalui laman resminya dikutip Senin, 16 Oktober 2023.

Menurut Kemenparekraf, makanan berkuah khas Indonesia termasuk Laksa memiliki kelezatan dan keautentikan yang dilirik oleh banyak wisatawan mancanegara.

Seperti diketahui, Laksa merupakan hasil akulturasi budaya antara Tionghoa di Tangerang. 

Nama “Laksa” diambil dari bahasa sansekerta, yakni banyak yang merujuk pada pembuatan laksa dengan campuran banyak bumbu dan rempah.

Ada dua jenis Laksa khas Tangerang, yaitu Laksa Nyonya dan Laksa Nyai. Keduanya dibedakan berdasarkan pembuatnya, Laksa Nyonya dibuat oleh orang peranakan Tionghoa Tangerang, sedangkan Laksa Nyai diproduksi oleh penduduk lokal.

Kuliner yang terbuat dari mi tepung beras putih yang disiram kuah kuning kental dari santan dan rempah-rempah pilihan ini akan makin lengkap jika ditambahan lauk berupa ayam opor, telur rebus, taburan kacang hijau, dan taburan kelapa sangrai.

TEKNO
Jangan Beli Infinix Note 40 Sebelum Baca 11 Fitur Unggulannya, Nomor 6 Mirip iPhone 

Jangan Beli Infinix Note 40 Sebelum Baca 11 Fitur Unggulannya, Nomor 6 Mirip iPhone 

Selasa, 11 Juni 2024 | 10:27

Infinix Note 40 menjadi merupakan salah satu seri ponsel terbaru dari Infinix, Note 40 menawarkan sejumlah fitur menarik yang meningkatkan produktivitas dan kenyamanan penggunaan.

KOTA TANGERANG
Pilkada Kota Tangerang 2024 Dimulai, Sachrudin Ajak Semua Partai Koalisi

Pilkada Kota Tangerang 2024 Dimulai, Sachrudin Ajak Semua Partai Koalisi

Minggu, 16 Juni 2024 | 03:00

Peluncuran Jingle, Maskot, dan Tagline Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang 2024-2029 yang digelar KPU Kota Tangerang pada Jumat 14 Juni 2024, menjadi tanda dimulainya pesta demokrasi tersebut.

OPINI
Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:21

Adapun perpanjangan waktu ekspor konsentrat tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mempertimbangkan kelangsungan produksi dan pencapaian hilirisasi industri.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill