Connect With Us

Warga Tangerang, Simak Tips Mengemudikan Mobil di Jalan Rusak

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 9 November 2022 | 11:52

Kondisi Jalan Pembangunan 1, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang tepatnya di pertigaan depan Alfamart rusak parah. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Tangerang sebagai salah satu kota terbesar di Provinsi Banten masih banyak ditemui jalanan rusak mulai dari yang rusak ringan hingga rusak berat.

Meski seringkali diperbaiki setiap tahun. Namun, kondisi jalan yang kembali rusak terus saja terjadi tanpa ada solusi berkelanjutan.

Kondisi jalan rusak tersebut pun tak jarang menimbulkan korban kecelakaan, seperti yang pernah terjadi pada Kamis, 7 Juli 2022 yang lalu, seorang ayah bersama anaknya terlibat kecelakaan saat berkendara melintasi jalanan rusak. 

"Iya, itu kecelakaannya akibat jalan rusak. Lokasi di Jalan Garuda tepatnya di bawah fly over dekat pabrik Wings," ujar Hardiansyah, Ketua KNPI Kecamatan Batuceper.

Maka dari itu, berikut adalah tips berkendara khususnya mobil ketika menjumpai jalanan rusak seperti dilansir dari murianews.com, Rabu 9 November 2022.

Pandangan ke Depan dan Fokus 

Dalam mengendarai mobil, visibilitas pandangan harus terus ke depan sembari melihat sekilas kondisi sekitar untuk menghindari jalan berlubang.

Jangan sampai kehilangan fokus, tetap konsentrasi dan hiraukan segala hal yang mengganggu, gunakan posisi tangan menyerupai arah jam 9 dan 3 pada kemudi setir. Posisi tersebut merupakan posisi terbaik ketika mengemudikan setir karena dapat mengontrol mobil dengan baik.

Jangan Asal Bermanuver 

Terkadang demi menghindari jalan berlubang, pengendara bermanuver membelokkan kendaraannya secara sembarangan. Hal ini mestinya dihindari lantaran dapat membahayakan pengguna jalan lain. 

Pelankan laju kendaraan dan tetap melewati jalanan rusak dan berlubang tersebut. Jangan Mengebut Tidak perlu untuk mengemudikan mobil dalam kecepatan tinggi. 

BACA JUGA: Akhirnya Pemkot Tangerang Boleh Kelola Aset AP II, Jalan Garuda dan Perancis Segera Diperbaiki

Selain itu, mengemudikan kendaraan dengan pelan akan memberikan kesempatan untuk menghindari lubang dan jalanan rusak. Sebab, Menghantam lubang saat kendaraan dikemudikan dalam kecepatan tinggi pun dapat memberikan dampak buruk pada suspensi kendaraan.

Jangan Mengebut 

Seperti pada poin sebelumnya, mengendarai kendaraan dengan keceparan tinggi tidak dianjurkan. Kemudikanlah kendaraan Anda sesuai dengan kecepatan yang dianjurkan di ruas jalan tersebut. 

Berkendara dengan kecepatan tinggi selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain.

Hati-Hati pada Genangan Air 

Jalanan yang banyak digenangi air merupakan pemandangan yang sering dijumpai di Tangerang, terlebih ketika musim hujan seperti saat ini.

Ketika melihat genangan air tersebut, sebaiknya waspada lantaran bisa saja genangan air tersebut merupakan jalanan yang berlubang, hindari genangan tersebut tapi apabila tidak memungkinkan, maka pelankan laju kendaraan untuk meminimalisir pengereman mendadak.

Pengereman mendadak sering terjadi ketika si pengendara tak waspada saat melintas di jalanan rusak dan berlubang. 

Demikian beberapa tips melintasi jalanan rusak yang banyak ditemui di wilayah Tangerang.

KAB. TANGERANG
Bagi-bagi Beras, Bacagub Banten Arief R Wismansyah Khawatirkan Nasib Petani di Pakuhaji Tangerang

Bagi-bagi Beras, Bacagub Banten Arief R Wismansyah Khawatirkan Nasib Petani di Pakuhaji Tangerang

Sabtu, 13 Juli 2024 | 20:09

Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Banten Arief R Wismansyah bagi-bagi beras secara gratis sebagai bentuk kepedulian untuk warga Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Sabtu 13 Juli 2024.

NASIONAL
Pelaku Usaha Wajib Sertifikasi Halal Oktober 2024, Pelanggar Dilarang Jualan

Pelaku Usaha Wajib Sertifikasi Halal Oktober 2024, Pelanggar Dilarang Jualan

Jumat, 12 Juli 2024 | 17:47

Pemerintah mewajibkan pelaku usaha untuk memiliki sertifikasi halal yang berlaku mulai Oktober 2024. Bagi yang tidak mengurus sertifikat kehalalan produknya, terancam dikenakan sanksi dilarang berjualan.

TOKOH
Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Selasa, 2 Juli 2024 | 10:45

Sejumlah partai politik telah menyodorkan calon yang akan diusung dalam kontestasi Pilkada serentak 2024 mendatang, salah satunya ialah sosok Faldo Maldini.

OPINI
Lumpuhnya Peran Keluarga dalam Belenggu Sistem Biang Bencana

Lumpuhnya Peran Keluarga dalam Belenggu Sistem Biang Bencana

Senin, 8 Juli 2024 | 15:36

Sering sekali konfilk terjadi di ranah keluarga, tak luput pula banyaknya berita terkait pencabulan yang dilakukan oleh ayah kandung, KDRT yang dialami oleh istri, atau bahkan kasus lainnya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill