Connect With Us

Jadi Tempat Persinggahan Pasukan Cirebon, Ini Arti Nama Desa Munjul Tangerang

Dimas Wisnu Saputra | Rabu, 28 September 2022 | 14:25

Papan nama Kantor Kepala Desa Munjul, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. (Dimas Wisnu Saputra / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Munjul merupakan salah satu desa di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Munjul memiliki arti kata dari menjulang atau bias karena dataran yang tinggi diantara wilayah di sekelilingnya.

Warga Desa Munjul Mutho Syahrulloh mengatakan dikisahkan turun temurun pada suatu zaman kerajaan Cirebon yang melakukan ekspansi penyebaran agama Islam ke wilayah Banten.

Munjul tersebut adalah salah satu wilayah yang dilewati dan merupakan tempat persinggahan sebelum pasukan tersebut sampai ke tanah Banten. 

"Para pasukan tersebut sampai mendirikan sebuah kampung dan tempat ibadah (surau) di wilayah tersebut yang kemudian menamai wilayah tersebut adalah 'Munjul'," katanya kepada TangerangNews.com, Rabu, 28 September 2022.

Nama Munjul tersebut, kata dia, diambil dari hasil musyawarah. Adapun yang melatarbelakangi dinamakan Munjul, karena dataran yang ditempati lebih tinggi dari daerah sekitarnya.

Singkatnya, cerita para syiar agama banyak tinggal dan menetap di Munjul, dan yang lainnya melanjutkan syiar-syiar islam ke wilayah Banten lainnya.

Sekadar diketahui, kepala desa pertama di Desa Munjul dijabat oleh Arsan Bin Arwah. Kepala desa ini merupakan bentukan Kolonial Belanda yang menjabat tak terbatas hingga belasan tahun.

Sedangkan Kepala Desa Munjul kedua adalah H. Kasim yang juga bentukan Kolonial Belanda. Sementara kepala desa Munjul ketiga dan seterusnya merupakan hasil dari pemilihan warga.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

HIBURAN
Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:31

MLBB Profesional League (MPL) Indonesia season 13 telah memasuki Minggu ke-9.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill