Connect With Us

Kabupaten Tangerang Dilanda Hujan Lebat, Warga di Wilayah Ini Harus Waspada

Dimas Wisnu Saputra | Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:10

Sutiyono, Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II. (@TangerangNews / Dimas Wisnu Saputra)

TANGERANGNEWS.com-Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II meminta masyarakat Kabupaten Tangerang untuk mewaspadai banjir, karena potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di wilayah tersebut.

Berdasarkan pantauan cuaca, di Kecamatan Tigaraksa dan Cikupa berpotensi hujan lebat disertai kilat, petir dan angin kencang. 

Sedangkan untuk Kecamatan Balaraja, Jayanti, Jambe, Cisoka, Pasar Kemis, Curug, Panongan, Legok, Pagedangan, Cisauk, Sukamulya, Kelapa Dua, Sindang Jaya dan Solear berpotensi menyusul.

"Hal itu disebabkan karena adanya beberapa faktor yaitu provinsi Banten sudah memasuki musim penghujan," kata Sutiyono, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah II, Kamis 6 Oktober 2022.

Kondisi suhu permukaan laut yang hangat di wilayah perairan di sekitar pulau Jawa dapat mendukung adanya penguapan.

Adanya daerah perlambatan kecepatan angin yang datang dari arah Tenggara, menyebabkan adanya penumpukan masa udara di wilayah Pulau Jawa, termasuk Provinsi Banten.

Lalu, adanya nilai OLR yang terpantau sangat rendah akibat gangguan gelombang atmosfer seperti Equatorial Rossby, Equatorial Low, dan potensi penguatan gelombang MJO.

"Kondisi lokal Provinsi Banten yang ditandai oleh tingginya nilai labilitas udara," jelas Sutiyono.

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu memantau informasi prakiraan dan peringatan dini dari BMKG Wilayah II.

TANGSEL
4 Orang Jadi Tersangka Bullying Binus School Serpong Tangsel, Salah Satunya Alumni

4 Orang Jadi Tersangka Bullying Binus School Serpong Tangsel, Salah Satunya Alumni

Jumat, 1 Maret 2024 | 19:30

Sebanyak 4 orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus bullying di Binus Internasional Serpong, oleh Polres Tangerang Selatan (Tangsel).

OPINI
Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Sabtu, 17 Februari 2024 | 15:14

TANGERANGNEWS.com-Setahun terakhir harga beras terus mengalami kenaikan tinggi, bahkan kenaikan harga beras di tahun 2023 nyaris 20% dibandingkan dengan harga sebelumnya.

TEKNO
Telkomsel Raih Best Mobile Network dari Ookla® Speedtest Award™ 5 Kali Berturut-turut

Telkomsel Raih Best Mobile Network dari Ookla® Speedtest Award™ 5 Kali Berturut-turut

Jumat, 1 Maret 2024 | 17:58

Telkomsel kembali mendapatkan pengakuan tingkat global dengan meraih gelar Best Mobile Coverage dan Fastest Mobile Network sekaligus dan gelar Best Mobile Network, selama 5 kali berturut dari Ookla® Speedtest Awards™.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill