Connect With Us

Sehari Warga Kabupaten Tangerang Hasilkan 2.000 Ton Sampah, Cuma 800 Ton Bisa Diangkut

Dimas Wisnu Saputra | Selasa, 21 Februari 2023 | 19:00

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Achmad Taufik. (@TangerangNews / Dimas Wisnu Saputra)

TANGERANGNEWS.com-Masyarakat Kabupaten Tangerang hasilkan 2.000 sampah dalam satu hari. Namun Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) hanya bisa mengangkut sekitar 800-1.000 ton saja.

"2.000 ton dalam sehari, yang bisa kita angkut itu sekitar 800 ton sampai 1000 ton saja. Karena apa, karena ada juga yang diambil sama bos limbah, ada yang diambil botol-botolnya," ucap Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Achmad Taufik saat acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Selasa, 21 Februari 2023 .

Dia menyebutkan, pihaknya hanya mempunyai 120 truk sampah di Kabupaten Tangerang dan 40 truk di Kecamatan.

"Idealnya untuk mengangkut 2.000 ton itu harus mempunya 800 truk. Penyelesaian sampahnya berada di tempat pembuangan akhir (TPA)," katanya.

Maka dari itu, pihaknya mempunyai program TPS 3R (Reduce, Reuse, Recycle)  yang nantinya keterbatasan armada itu bisa ditekan, namun sampah terangkut semua.

"TPS 3R untuk mengurangi sampah ke TPA, sehingga tidak lagi membutuhkan 800 armada. Ada pemilihan dan daur ulang," ujar Taufik.

Dia juga mengatakan, di Kabupaten Tangerang ada 114 unit bank sampah dan akan terus disosialisasikan agar jumlahnya terus meningkat.

"Karena peran serta masyarakat ini sangat sangat bermanfaat dan dibutuhkan. Dalam rangka pengurangan sampah yang dibuang ke TPA," katanya.

Bank sampah ini juga bisa membantu kebutuhan-kebutuhan yang ada dimasyarakat, seperti untuk membeli pulsa listrik dan kebutuhan lainnya.

"Yang dikumpulkan teman-teman bank sampah itu adalah yang bernilai ekonomi, seperti kemasan air mineral, kardus, dan bisa  juga potongan-potongan besi," pungkasnya.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill