Connect With Us

Triwulan Pertama 2023, Pajak PBB-P2 dan BPHTB Kabupaten Tangerang Capai Rp378 Miliar

Dimas Wisnu Saputra | Selasa, 25 April 2023 | 20:42

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang Slamet Budhi Mulyanto. (@TangerangNews / Dimas Wisnu Saputra)

TANGERANGNEWS.com-Dua sektor pajak daerah Kabupaten Tangerang PBB-P2 dan BPHTB, mengalami pertumbuhan hingga mencapai angka Rp378 Miliar, pada triwulan pertama di tahun 2023.

Angka tersebut tercatat sebagai capaian lebih tinggi, jika dibandingkan dengan tahun 2022 pada periode yang sama.

Diungkapkan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang Slamet Budhi Mulyanto, penerimaan pajak dengan angka yang tercatat saat ini dari kedua sektor tersebut, menunjukan pertumbuhan yang sangat baik.

"Pada periode yang sama tahun 2022, tercatat baru mencapai Rp240 miliar, pada periode sama tahun ini tumbuh hingga mencapai angka sekitar Rp378 Miliar," katanya, Selasa 25 April 2023.

Menurut Slamet pertumbuhan dalam pendapatan pajak daerah ini menunjukan aktivitas ekonomi di kabupaten Tangerang yang kian membaik.

Pertumbuhan pendapatan ini pun dapat menjadi penopang kebutuhan dana, bagi program kegiatan yang memang dianggarkan dalam APBD agar berjalan dengan baik.

"Diharapkan hal tersebut dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Tangerang,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pajak Daerah PBB-P2 dan BPHTB Dwi Chandra Budiman menjelaskan, penerimaan pajak di sektor PBB-P2 triwulan pertama tahun ini tumbuh dengan signifikan hingga naik pada angka 40 persen dibanding tahun sebelumnya.

Ia merinci, pada triwulan pertama tahun 2022, capaian pajak di sektor tersebut baru mencapai Rp45 miliar. Namun pada tahun ini meningkat melebihi capaian tahun lalu dengan nominal mencapai kurang lebih Rp63 miliar.

“Untuk sektor BPHTB juga terlihat pertumbuhan yang sangat siginifikan, naik kurang lebih 61 persen. Di tahun 2022 lalu pada triwulan pertama capaiannya itu baru Rp195 miliar, tahun ini naik mencapai Rp315 miliar,” ujarnya.

Menurut Dwi, hasil pajak yang didapatkan dari para wajib pajak juga memiliki beragam manfaat di berbagai sektor kehidupan masyarakat di wilayah Kabupaten Tangerang. 

Ia juga turut mengapresiasi seluruh wajib pajak yang telah membayar pajaknya tepat waktu.

Dengan taat membayar pajak, masyarakat juga dapat berkontribusi langsung untuk meningkatkan nilai pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Tangerang. 

 

"Mulai dari fasilitas pendidikan yang menjadi lebih baik, fasilitas kesehatan yang lebih memadai, fasilitas umum dan infrastruktur yang lebih maju dan sektor-sektor lainya juga turut maju dan berkembang,” kata Dwi.

KOTA TANGERANG
May Day, 2.500 Buruh Tangerang Bakal Demo ke Jakarta

May Day, 2.500 Buruh Tangerang Bakal Demo ke Jakarta

Senin, 29 April 2024 | 18:32

Sebanyak 2.500 buruh dari berbagai perusahaan di wilayah Tangerang akan turun ke jalan untuk melakukan aksi damai pada peringatan Hari Buruh (May Day), Rabu 01 Mei 2024.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill