Connect With Us

11.880 Kg CO2 Emisi Karbon Berkurang Gegara PLN Electric Run 2023

Fahrul Dwi Putra | Senin, 11 Desember 2023 | 23:00

Ribuan peserta mengikuti PLN Electric Run 2023 digelar di Scientia Square, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, pada Minggu, 10 Desember 2023. (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra )

TANGERANGNEWS.com- Kegiatan lari nasional bertajuk PLN Electric Run 2023 yang digelar di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, pada Minggu, 10 Desember 2023, berhasil mengurangi gas emisi karbon hingga 11.880 kilogram CO2.

Diikuti oleh sebanyak 5 ribu peserta, PLN Electric Run 2023 ini terbagi menjadi tiga kategori yaitu 5K, 10K, dan Half Marathon dengan total hadiah mencapai Rp850 juta.

Titik start PLN Electric Run 2023 berlokasi di Scientia Square, Gading Serpong, dimulai pada pukul 05.00 WIB dengan prosesi flag off dilepas langsung oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Wakil Komisaris Utama PLN Suahasil Nazara, serta jajaran Komisaris dan Direksi PLN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, berlari merupakan salah satu langkah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dibandingkan menggunakan kendaraan berbasis BBM," ujarnya.

Dia menjelaskan, pengurangan emisi dapat terjadi karena berlari merupakan mobilitas tanpa emisi, dibandingkan menggunakan kendaraan berbasis BBM yang menghasilkan emisi 2,4 kg CO2 per 10 kilometer. 

Artinya, dengan total jarak yang ditempuh 5 ribu pelari ini mampu mengurangi emisi sekitar 11.880 kg CO2.

"Bisa dibayangkan, berapa emisi yang bisa kita hindari jika kita melakukan mobilitas dengan berlari. Kami bersyukur, event ini disambut baik oleh para pecinta olahraga lari," ungkapnya.

Selain itu, kegiatan lari ini juga dibarengi dengan bantuan berupa konversi jarak lari dan penghematan BBM yang dikumpulkan pelari menjadi biaya penyambungan listrik baru bagi masyarakat pra sejahtera.

Darmawan berharap, PLN Electric Run dapat membangun kesadaran masyarakat, khususnya para pelari untuk ikut serta menjaga bumi melalui upaya mengurangi emisi karbon. 

Hal ini guna mewujudkan komitmen PLN untuk menekan emisi karbon demi mencapai target Net Zero Emissions pada 2060 atau bahkan lebih cepat. 

"Ini adalah spirit yang baru, tentu saja ini adalah awal yang baik PLN Electric Run 2023 akan diikuti PLN Electric Run 2024, 2025 dan tentu saja skalanya akan menjadi lebih besar lagi," tukasnya.

Adapun juara 1 kategori Male Nasional Half Marathon dimenangkan oleh Rikki Marthin, juara 1 kategori Female Nasional Half Marathon oleh Odekta Elvina Naibaho.

Lalu, Syamsuddin Massa tampil menjadi juara Male Nasional kategori 10 kilometer, sementara Asnida Aras juara di kategori Female Nasional. 

Sedangkan, untuk kategori 5 kilometer, Immanuel P. Hutasoit keluar sebagai juara Male Nasional dan Novita Andriyani menjadi juara Female Nasional. 

Di akhir acara, para pelari dihibur dengan penampilan musisi papan atas Maliq & D’essentials.

KOTA TANGERANG
Hardiknas, Kota Tangerang Telah Gratiskan Sekolah hingga Beasiswa sampai Perguruan Tinggi

Hardiknas, Kota Tangerang Telah Gratiskan Sekolah hingga Beasiswa sampai Perguruan Tinggi

Kamis, 2 Mei 2024 | 21:47

Di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang terus mendorong inovasi dalam pembelajaran dan memastikan agar setiap anak di Kota Tangerang, berhak mendapatkan akses pendidikan yang layak.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

NASIONAL
Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Kamis, 2 Mei 2024 | 08:44

Musim pancaroba merupakan periode peralihan antara musim yang seringkali ditandai dengan cuaca yang tidak menentu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill