Connect With Us

Banjir Luapan Kali Cibeureum, PLN Matikan Sementara Aliran Listrik di Desa Cikande Tangerang

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 5 Mei 2024 | 08:34

Kondisi banjir di wilayah Perumahan Taman Cikande, Desa Cikande, Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami banjir pada Jumat, 3 Mei 2023 (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Wilayah pemukiman di Perumahan Taman Cikande, Desa Cikande, Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami banjir pada Jumat, 3 Mei 2023, sejak sore hingga malam.

Banjir disebabkan oleh meluapnya air sungai Cibeureum akibat curah hujan tinggi di wilayah Banten. 

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banten Utara menghentikan sementara pasokan listrik di beberapa titik gardu distribusi untuk menjaga keselamatan warga.

Manager PLN UP3 Banten Utara Hanfi Adrhean menjelaskan, tiga unit gardu distribusi dan enam ratus pelanggan terdampak banjir masih dipadamkan sementara aliran listriknya hingga Jumat malam karena air belum surut total. 

Hanfi menegaskan, keputusan pemadaman listrik diambil untuk prioritas keselamatan masyarakat.

"Jika kondisi sudah aman listrik akan kami nyalakan kembali. Kami juga gerak cepat dan terjun langsung melakukan penanganan kelistrikan di lokasi mulai dari memastikan kesiapan personel siaga, kecukupan peralatan pendukung, hingga berkoordinasi dengan stakeholder terkait," ujar Hanfi dalam keterangannya.

Pada Sabtu, 4 Mei 2024, dini hari, kondisi banjir terpantau mulai surut, dan pada pukul 02.50 WIB, seluruh jaringan listrik telah dinormalkan, tiga gardu distribusi yang sebelumnya dipadamkan telah beroperasi kembali, dan tidak ada lagi pelanggan yang mengalami padam.

Penormalan listrik dilakukan setelah personel PLN melakukan pengecekan menyeluruh di lokasi untuk memastikan keselamatan warga dan aset PLN. 

Kendati begitu, Hanfi tetap mengingatkan warga di lokasi untuk tetap waspada dan menghubungi PLN jika terdapat potensi bahaya kelistrikan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan cara menaikkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih aman jika hal serupa terjadi," tambahnya.

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menambahkan, PLN telah melakukan siaga kelistrikan mengingat kondisi cuaca belakangan yang seringkali ekstrem. 

Pihaknya juga telah memetakan wilayah-wilayah rentan banjir di Banten untuk mengamankan keselamatan warga dan aset PLN.

"Bagi kami keselamatan warga adalah yang utama," pungkas Abdul Mukhlis.

MANCANEGARA
Joe Biden Resmi Mundur dari Pilpres AS 2024, Kamala Harris Ditunjuk Jadi Penggantinya

Joe Biden Resmi Mundur dari Pilpres AS 2024, Kamala Harris Ditunjuk Jadi Penggantinya

Senin, 22 Juli 2024 | 08:50

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri lagi dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai penerusnya.

WISATA
Benton Junction Karawaci, Tempat Nongkrong Asyik dengan Deretan Kuliner Kekinian

Benton Junction Karawaci, Tempat Nongkrong Asyik dengan Deretan Kuliner Kekinian

Jumat, 19 Juli 2024 | 17:03

Benton Junction di area Supermall Karawaci Tangerang, menghadirkan tenant-tenant kuliner terkini yang semakin lengkap untuk menarik pengunjung khususnya di area tersebut.

PROPERTI
Gen Z dan Milenial Jadi Pasar Potensial Properti Berkonsep ESG

Gen Z dan Milenial Jadi Pasar Potensial Properti Berkonsep ESG

Rabu, 24 Juli 2024 | 23:01

Dalam beberapa tahun terakhir, penerapan konsep environmental, social, governance (ESG) sudah menjadi fokus pengembang properti di Tanah Air, seiring dengan tren konsumen yang mengarah kepada produk berkelanjutan.

NASIONAL
Yuk Berburu Hadiah Motor hingga Mobil Listrik Lewat Gelegar PLN Mobile 2024

Yuk Berburu Hadiah Motor hingga Mobil Listrik Lewat Gelegar PLN Mobile 2024

Jumat, 26 Juli 2024 | 17:41

PT PLN (Persero) resmi meluncurkan Program Gelegar PLN Mobile 2024 pada Sabtu, 20 Juli 2024 di Cihampelas Walk, Bandung, dengan menawarkan berbagai hadiah menarik untuk pelanggan setia aplikasi PLN Mobile.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill