Connect With Us

Banjir Luapan Kali Cibeureum, PLN Matikan Sementara Aliran Listrik di Desa Cikande Tangerang

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 5 Mei 2024 | 08:34

Kondisi banjir di wilayah Perumahan Taman Cikande, Desa Cikande, Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami banjir pada Jumat, 3 Mei 2023 (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Wilayah pemukiman di Perumahan Taman Cikande, Desa Cikande, Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami banjir pada Jumat, 3 Mei 2023, sejak sore hingga malam.

Banjir disebabkan oleh meluapnya air sungai Cibeureum akibat curah hujan tinggi di wilayah Banten. 

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banten Utara menghentikan sementara pasokan listrik di beberapa titik gardu distribusi untuk menjaga keselamatan warga.

Manager PLN UP3 Banten Utara Hanfi Adrhean menjelaskan, tiga unit gardu distribusi dan enam ratus pelanggan terdampak banjir masih dipadamkan sementara aliran listriknya hingga Jumat malam karena air belum surut total. 

Hanfi menegaskan, keputusan pemadaman listrik diambil untuk prioritas keselamatan masyarakat.

"Jika kondisi sudah aman listrik akan kami nyalakan kembali. Kami juga gerak cepat dan terjun langsung melakukan penanganan kelistrikan di lokasi mulai dari memastikan kesiapan personel siaga, kecukupan peralatan pendukung, hingga berkoordinasi dengan stakeholder terkait," ujar Hanfi dalam keterangannya.

Pada Sabtu, 4 Mei 2024, dini hari, kondisi banjir terpantau mulai surut, dan pada pukul 02.50 WIB, seluruh jaringan listrik telah dinormalkan, tiga gardu distribusi yang sebelumnya dipadamkan telah beroperasi kembali, dan tidak ada lagi pelanggan yang mengalami padam.

Penormalan listrik dilakukan setelah personel PLN melakukan pengecekan menyeluruh di lokasi untuk memastikan keselamatan warga dan aset PLN. 

Kendati begitu, Hanfi tetap mengingatkan warga di lokasi untuk tetap waspada dan menghubungi PLN jika terdapat potensi bahaya kelistrikan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan cara menaikkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih aman jika hal serupa terjadi," tambahnya.

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menambahkan, PLN telah melakukan siaga kelistrikan mengingat kondisi cuaca belakangan yang seringkali ekstrem. 

Pihaknya juga telah memetakan wilayah-wilayah rentan banjir di Banten untuk mengamankan keselamatan warga dan aset PLN.

"Bagi kami keselamatan warga adalah yang utama," pungkas Abdul Mukhlis.

KOTA TANGERANG
Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:40

Sekelompok remaja diduga gangster melakukan aksi penyerangan kepada warga Poris Plawad, di Jalan Hasyim Ashari, Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Sabtu 18 Mei 2024, dini hari.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

KAB. TANGERANG
Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:12

Seorang pengamen jalanan nekat melakukan percobaan bunuh diri dengan menyayat lehernya sendiri dengan pisau cutter di samping Pos Security POS 2 Griya Dadap, Kampung Dadap Jati, Kecamatan Kosambi, Jumat, 17 Mei 2024, sekira pukul 12:30 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill