Connect With Us

Banjir Luapan Kali Cibeureum, PLN Matikan Sementara Aliran Listrik di Desa Cikande Tangerang

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 5 Mei 2024 | 08:34

Kondisi banjir di wilayah Perumahan Taman Cikande, Desa Cikande, Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami banjir pada Jumat, 3 Mei 2023 (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Wilayah pemukiman di Perumahan Taman Cikande, Desa Cikande, Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami banjir pada Jumat, 3 Mei 2023, sejak sore hingga malam.

Banjir disebabkan oleh meluapnya air sungai Cibeureum akibat curah hujan tinggi di wilayah Banten. 

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banten Utara menghentikan sementara pasokan listrik di beberapa titik gardu distribusi untuk menjaga keselamatan warga.

Manager PLN UP3 Banten Utara Hanfi Adrhean menjelaskan, tiga unit gardu distribusi dan enam ratus pelanggan terdampak banjir masih dipadamkan sementara aliran listriknya hingga Jumat malam karena air belum surut total. 

Hanfi menegaskan, keputusan pemadaman listrik diambil untuk prioritas keselamatan masyarakat.

"Jika kondisi sudah aman listrik akan kami nyalakan kembali. Kami juga gerak cepat dan terjun langsung melakukan penanganan kelistrikan di lokasi mulai dari memastikan kesiapan personel siaga, kecukupan peralatan pendukung, hingga berkoordinasi dengan stakeholder terkait," ujar Hanfi dalam keterangannya.

Pada Sabtu, 4 Mei 2024, dini hari, kondisi banjir terpantau mulai surut, dan pada pukul 02.50 WIB, seluruh jaringan listrik telah dinormalkan, tiga gardu distribusi yang sebelumnya dipadamkan telah beroperasi kembali, dan tidak ada lagi pelanggan yang mengalami padam.

Penormalan listrik dilakukan setelah personel PLN melakukan pengecekan menyeluruh di lokasi untuk memastikan keselamatan warga dan aset PLN. 

Kendati begitu, Hanfi tetap mengingatkan warga di lokasi untuk tetap waspada dan menghubungi PLN jika terdapat potensi bahaya kelistrikan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan cara menaikkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih aman jika hal serupa terjadi," tambahnya.

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menambahkan, PLN telah melakukan siaga kelistrikan mengingat kondisi cuaca belakangan yang seringkali ekstrem. 

Pihaknya juga telah memetakan wilayah-wilayah rentan banjir di Banten untuk mengamankan keselamatan warga dan aset PLN.

"Bagi kami keselamatan warga adalah yang utama," pungkas Abdul Mukhlis.

MANCANEGARA
Wuih, SIM Indonesia Bakal Berlaku di Negara-negara ASEAN

Wuih, SIM Indonesia Bakal Berlaku di Negara-negara ASEAN

Senin, 24 Juni 2024 | 09:33

Surat Izin Mengemudi (SIM) akan segera berlaku di negara-negara ASEAN pada Juni 2025 mendatang.

KAB. TANGERANG
Sekda Tangerang Sebut Keluarga Punya Peran penting Cegah Korupsi 

Sekda Tangerang Sebut Keluarga Punya Peran penting Cegah Korupsi 

Selasa, 25 Juni 2024 | 19:29

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid menyebut keluarga memiliki peran penting dalam pencegahan korupsi.

HIBURAN
Serunya Bermain Salju Bersama Tayo the Little Bus di Mal Ciputra Tangerang

Serunya Bermain Salju Bersama Tayo the Little Bus di Mal Ciputra Tangerang

Senin, 24 Juni 2024 | 18:06

Mal Ciputra Tangerang kembali menghadirkan event untuk mengisi liburan sekolah yakni Snow Fantasy With Tayo The Little Bus, yang berlangsung dari tanggal 14 Juni hingga 14 Juli 2024.

WISATA
Bisa Staycation di Kota Tangerang, Ini 4 Rekomendasi Hotelnya

Bisa Staycation di Kota Tangerang, Ini 4 Rekomendasi Hotelnya

Sabtu, 22 Juni 2024 | 15:02

Memasuki liburan sekolah biasanya kerap dimanfaatkan untuk berwisata ke luar kota, namun banyak juga yang justru tetap memilih menghabiskan waktu di Kota Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill