Connect With Us

Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Fahrul Dwi Putra | Senin, 22 April 2024 | 10:02

PT PLN (Persero) menyiapkan SPKLU di jalur mudik Lebaran 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Kehadiran 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah dinilai sangat membantu para pemudik, khususnya pengguna kendaraan listrik.

Lokasi-lokasi SPKLU yang tersebar memungkinkan pengguna kendaraan listrik tidak perlu khawatir saat melakukan perjalanan mudik.

Salah satu pemudik asal Semarang, Hario Bayu merasa terbantu dengan fasilitas istirahat yang lengkap di SPKLU.

"Ini menjadi pengalaman perjalanan mudik saya beserta istri lebih menyenangkan," ungkapnya saat ditemui di SPKLU Rest Area KM 6B Tol Jakarta – Cikampek.

Sementara itu, pemudik lainnya.asal Serang menuju Sumatra, Rudi mengapresiasi layanan SPKLU Pelabuhan Merak dan fitur Trip Planner di aplikasi PLN Mobile. 

Menurutnya, fitur tersebut mempermudah dalam pencarian SPKLU terdekat di lokasi jalur mudik yang dilaluinya.

Hal senada diungkapkan, Raymond Hanjaya, warga asal Surabaya yang melakukan perjalanan ke Bali, dirinya merasa puas dengan kemudahan pengisian daya kendaraan listrik selama perjalanan Surabaya - Bali.

Terlebih, fasilitas yang disediakan di lokasi SPKLU terbilang cukup lengkap seperti ruang tunggu yang nyaman, minuman, dan kotak "Sembari nge-charge bisa ke toilet, dapat minum, bisa istirahat di lobi ber-AC dengan nyaman," kata Raymond saat beristirahat di SPKLU Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Situbondo.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan komitmennya untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat. 

Melalui infrastruktur EV yang disediakan selama mudik Lebaran 2024, PLN berharap masyarakat dapat merasakan kemudahan menggunakan kendaraan listrik tanpa antrian panjang di SPKLU.

Meningkatnya jumlah transaksi dan konsumsi listrik di SPKLU menunjukkan minat dan intensitas penggunaan kendaraan ramah lingkungan semakin tinggi di masyarakat. 

Tercatat, hingga H+7 Idul Fitri tahun 2024, jumlah transaksi di SPKLU mencapai 11.377 transaksi atau meningkat 5 kali lipat dibandingkan tahun 2023 yang sebanyak 2.275 transaksi. 

Sejalan dengan peningkatan transaksi di SPKLU, jumlah konsumsi listrik juga ikut meningkat. Realisasi konsumsi listrik di SPKLU hingga H+7 Idul Fitri 2024 mencapai 226,5 Mega Watt hour (MWh), atau meningkat 5,2 kali lipat dibandingkan tahun 2023 sebesar 43,5 MWh.

"PLN akan terus all-out untuk mendukung pertumbuhan ekosistem EV di Tanah Air dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak," pungkas Darmawan.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill