Connect With Us

Mengenal Si Bambu, Maskot Resmi Pilkada 2024 Kabupaten Tangerang 

Fahrul Dwi Putra | Senin, 10 Juni 2024 | 15:43

Si Bambu, maskot Pilkada 2024 Kabupaten Tangerang (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang resmi menetapkan "Si Bambu" sebagai maskot untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tangerang tahun 2024. 

Si Bambu sendiri merupakan singkatan dari "DemokraSi Bergembira Memilih Bupati dan Wakil Bupati Tangerang."

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhamad Umar merincikan, bagian kepala dan leher maskot berbentuk bambu dengan ujung atas yang runcing.

Sedangkan Ikat kepala yang dipakai adalah kain batik khas Tangerang berwarna ungu dengan motif awi koneng.

Lalu, daun yang terdapat di sisi kanan dan kiri maskot menandakan tahun pelaksanaan Pilkada, yaitu 2024.

Maskot Si Bambu juga memegang paku, yakni alat standar untuk mencoblos dalam Pilkada, dan tangan kirinya dengan jari kelingking dicelup tinta menunjukkan bahwa masyarakat telah menggunakan hak pilih mereka.

"Baju pangsi dipilih sebagai baju maskot menggambarkan pakaian tradisional orang Tangerang dahulu dan orang Indonesia umumnya, sebelum mengenal pakaian yang diperkenalkan oleh bangsa Eropa seperti kemeja, jas, pantalon dll. Identik dengan dunia persilatan sebagai simbol jati diri orang Tangerang," jelas Umar, Senin, 10 Juni 2024.

Secara psikologis dan filosofis, warna bambu yang menjadi tubuh maskot dan sabuk emasnya melambangkan keamanan, keselamatan, dan kejayaan.

Sementara itu, kaos putih yang dikenakan di dalam baju pangsi menggambarkan keterbukaan masyarakat Tangerang terhadap nilai-nilai modern, termasuk demokrasi dalam Pilkada.

Kain batik bermotif awi koneng juga dipakai untuk mewakili kekayaan budaya Kabupaten Tangerang. Diketahui, batik ini terinspirasi dari alam, flora, dan fauna lokal.

Selain itu, maskot Si Bambu memakai sabuk tradisional untuk kenyamanan, celana pangsi sebagai pakaian tradisional yang biasa dipakai sebelum kedatangan bangsa Eropa, dan bakiak atau terompah kayu yang merupakan sandal populis di Banten, termasuk Tangerang.

Umar berharap, Pilkada serentak di Kabupaten Tangerang akan berlangsung meriah dan menarik partisipasi luas dari masyarakat, serta menggunakan hak suaranya pada Rabu, 27 November 2024 mendatang. 

"Si Bambu ini semoga menjadi daya tarik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilkada 2024," katanya.

Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Badri Tamam menambahkan, maskot Si Bambu dipilih karena berkaitan erat dengan sejarah di Kabupaten Tangerang.

Seperti diketahui, bambu pada era dahulu menjadi bahan kerajinan yang banyak diolah oleh masyarakat setempat di Kabupaten Tangerang.

Menurutnya, Tangerang pernah terkenal dengan produksi barang olahan dari bambu, bahkan hingga menjadi komoditas ekspor andalan Hindia Belanda dari tahun 1800-an sampai 1955. 

"Hasil kerajinan masyarakat Tangerang ini, mengharumkan Tangerang ke seantero dunia," tukasnya.

TOKOH
Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Selasa, 2 Juli 2024 | 10:45

Sejumlah partai politik telah menyodorkan calon yang akan diusung dalam kontestasi Pilkada serentak 2024 mendatang, salah satunya ialah sosok Faldo Maldini.

BANTEN
Jadi Tanggung Jawab Pelanggan, PLN Bagikan Tips Aman Kelistrikan 

Jadi Tanggung Jawab Pelanggan, PLN Bagikan Tips Aman Kelistrikan 

Selasa, 16 Juli 2024 | 09:57

PT PLN (Persero) membagikan tips untuk pelanggan atau masyarakat terkait keamanan kelistrikan guna menghindari risiko berbahaya, seperti tersengat listrik.

WISATA
Wajib Coba, Rekomendasi 4 Kuliner di Festival Al-A'zhom Kota Tangerang 

Wajib Coba, Rekomendasi 4 Kuliner di Festival Al-A'zhom Kota Tangerang 

Selasa, 9 Juli 2024 | 15:08

Gelaran Festival Al-A’zhom ke-11 akan kembali digelar yang digelar mulai 6 hingga 17 Juli 2024, menghadirkan berbagai sajian bazar kuliner.

SPORT
Persiapan Liga 1 2024/2025, Persita Boyong Bek Lulusan Akademi Atletico Madrid 

Persiapan Liga 1 2024/2025, Persita Boyong Bek Lulusan Akademi Atletico Madrid 

Jumat, 12 Juli 2024 | 11:35

Dalam rangka menatap kompetisi Liga 1 musim 2024/2025, klub Persita Tangerang mulai melengkapi amunisinya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill