Connect With Us

10 Provinsi dengan Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Indonesia, Tertinggi di Banten dari Tangerang

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 7 Juli 2023 | 14:33

Ilustrasi gedung pencakar langit (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Di berbagai kota di Indonesia, gedung-gedung tinggi telah menjadi ikon yang melambangkan kemajuan dan pertumbuhan daerah tersebut. Selain sebagai simbol prestise, gedung tertinggi dalam sebuah provinsi juga digunakan sebagai parameter untuk mengukur perkembangan ekonomi suatu daerah. 

Berdasarkan data dari Skyscrapercity forum Indonesia, berikut adalah daftar 10 provinsi di Indonesia dengan jumlah gedung tinggi di atas 12 lantai (12lt) terbanyak seperti dilansir dari kanal YouTube Mahasiswa Geografi pada Jumat, 7 Juli 2023.

10. Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta menempati peringkat ke-10 sebagai provinsi dengan jumlah gedung tinggi di atas 12lt terbanyak di Indonesia. Terdapat 17 gedung tinggi di provinsi ini, dengan gedung tertingginya adalah Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center yang memiliki 14 lantai dan tinggi mencapai 68 meter.

9. Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur menempati peringkat kesembilan dengan jumlah 20 gedung tinggi di atas 12lt. Borneo Bay City menjadi gedung tertinggi di provinsi ini, dengan tinggi mencapai 103 meter dan terdiri dari 25 lantai.

8. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau menduduki peringkat kedelapan dengan jumlah 25 gedung tinggi di atas 12lt. Gedung tertingginya adalah lsn Tower, sebuah gedung dengan 42 lantai dan tinggi mencapai 170,6 meter.

7. Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan menempati peringkat ketujuh dengan jumlah 58 gedung tinggi di atas 12lt. Gedung tertingginya adalah Esten Tower, dengan 35 lantai dan tinggi mencapai 111,2 meter.

6. Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara berada di peringkat keenam dengan jumlah 60 gedung tinggi di atas 12lt. The Manhattan Tower menjadi gedung tertinggi di provinsi ini, dengan tinggi mencapai 157 meter dan terdiri dari 38 lantai.

5. Jawa Tengah

Jawa Tengah menduduki peringkat kelima dengan jumlah 74 gedung tinggi di atas 12lt. Hotel Alila Solo menjadi gedung tertinggi di provinsi ini, dengan 27 lantai dan tinggi mencapai 124 meter.

4. Banten

Banten menempati peringkat keempat sebagai provinsi dengan jumlah gedung tinggi di atas 12lt terbanyak. Terdapat 105 gedung tinggi di provinsi ini, dan gedung tertingginya adalah Paddington Heights Apartemen Alam Sutera, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, dengan tinggi mencapai 157 meter.

3. Jawa Barat

Jawa Barat berada di peringkat ketiga dengan jumlah 272 gedung tinggi di atas 12lt. Gedung tertingginya adalah Grand Kamala Lagoon, dengan 44 lantai dan tinggi mencapai 157 meter.

2. Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur menduduki peringkat kedua dengan jumlah 366 gedung tinggi di atas 12lt. Gedung tertingginya adalah Tunjungan Plaza 5, dengan tinggi mencapai 201 meter dan terdiri dari 50 lantai.

1. Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Daerah Khusus Ibukota Jakarta, atau DKI Jakarta, menjadi provinsi dengan jumlah gedung tinggi di atas 12lt terbanyak di Indonesia. Terdapat sekitar dua ribu gedung tinggi di Jakarta, dan gedung tertingginya adalah Gama Tower dengan 69 lantai dan tinggi mencapai 310 meter.

Demikianlah sepuluh provinsi di Indonesia dengan jumlah gedung tinggi di atas 12lt paling banyak. Melalui jumlah gedung tinggi ini, dapat dilihat perkembangan ekonomi dan kemajuan suatu daerah, serta menegaskan posisi kota tersebut sebagai pusat bisnis dan investasi di Indonesia. Namun, perlu diketahui daftar tersebut berdasarkan data pada 2022 sehingga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan.

TANGSEL
Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Jumat, 26 April 2024 | 18:02

Seorang gadis cantik yang tinggal di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Kelurahan Sawah Baru, Ciputat Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

KOTA TANGERANG
Keren, Warga Tangerang Sulap Kulit Jagung Jadi Kerajinan wayang

Keren, Warga Tangerang Sulap Kulit Jagung Jadi Kerajinan wayang

Sabtu, 27 April 2024 | 13:30

Wayang merupakan budaya asli Indonesia, yang biasanya terbuat dari kulit hewan maupun kayu. Namun, apa jadinya jika wayang dibuat menggunakan kulit jagung.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill