Connect With Us

BPBD Tangerang Sebut Penyebab Kebakaran Didominasi Gegara Bakar Sampah dan Puntung Rokok

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 7 September 2023 | 20:47

Ilustrasi Kebakaran. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 29 peristiwa kebakaran terjadi sepanjang Agustus 2023, dimana 13 peristiwa diantaranya gegara membakar sampah sembarangan dan puntung rokok.

Hal itu berdasarkan data yang diungkapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, dengan rincian enam kebakaran unit rumah, 13 kebakaran lahan, dua kebakaran limbah, satu kebakaran kendaraan.

Satu peristiwa kebakaran panel listrik, dua kebakaran tiang listrik, satu kebakaran ruko, satu kebakaran gubuk, satu kebakaran gudang, dan satu kebakaran kabel.

"Kebakaran selama bulan Agustus didominasi kebakaran lahan kering dampak musim kemarau. Sisanya kebakaran rumah dan lainnya," kata Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan seperti dikutip dari antaranews.com, pada Jumat, 8 September 2023.

Maryono membeberkan kebakaran lahan yang terjadi di Jalan Kali Sabi Uwung Jaya karena pembakaran sampah, di Jalan Modernland Golf Raya Babakan karena puntung rokok, Jalan Sugriwa Cibodas Baru karena bakar sampah, dan Jalan Hasyim Asyari Gang Ridan pun disebabkan oleh bakar sampah.

"Jadi, penyebab kebakaran lahan yang terjadi setelah ditelusuri karena bakar sampah yang kemudian apinya membesar," ujarnya.

Bahkan, efek bakar sampah juga menyebabkan kebakaran rumah di Jalan Siswa Raya RT.002/02, Belendung, Benda pada 31 Agustus 2023 lalu dengan kerugian lebih Rp juta. 

Adapun total kerugian dari 29 peristiwa kebakaran selama Agustus tercatat mencapai Rp1,53 miliar dengan kerugian terbesar dialami oleh rumah di Jl. Parung Jaya RT.003/01, Parung Jaya, Karang Tengah pada 29 Agustus 2023, lalu lantaran korsleting listrik dengan kerugian sebanyak Rp700 juta.

Oleh karena itu, Maryono mengimbau masyarakat untuk menghindari perilaku membuang puntung rokok maupun membakas sampah sembarangan, terlebih di tengah kemarau panjang.

"Kami imbau agar masyarakat lebih peduli dengan tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok. Karena sudah ada kejadiannya, terutama di musim kemarau saat ini," pungkasnya.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KOTA TANGERANG
DPRD Kota Tangerang Sebut Rotasi Jabatan ASN Kerap Tidak Sesuai Skill

DPRD Kota Tangerang Sebut Rotasi Jabatan ASN Kerap Tidak Sesuai Skill

Minggu, 28 April 2024 | 22:03

Anggota DPRD Kota Tangerang Fauzan Manafi Albar mengomentari terkait isu mutasi/rotasi jabatan Aparatru Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Tangerang.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill