Connect With Us

Pembuatan Paspor TKI di Imigrasi Tangerang Menurun

| Rabu, 22 Juni 2011 | 18:02

Tampak sejumlah TKI di sebuah Bandara di Indonesia (internet / istimewa)

 
TANGERANG-Pasca pemberitaan mengenai Ruyati, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dihukum pancung di Arab Saudi pada Sabtu (18/6) lalu, permohonan paspor khusus TKI di Kantor Direktorat Jenderal Imigrasi Unit Khusus Tangerang mengalami penurunan.
 
Menurut Kasie Analisa Pemberian Paspor TKI Kantor Imigrasi Tangerang Imam Sutadi, jumlah pemohon paspor khusus TKI yang rata-rata mencapai 800-1000 orang per hari, saat ini menurun menjadi 600-700 orang per harinya. “Memang ada penurunan, tapi tidak banyak. Kemungkinan ini karena pemebritaan mengenai eksekusi pancung di Arab Saudi yang menimpa salah satu TKI,” katanya, Rabu (22/6).

 Imam menjelaskan, Kantor Direktorat Jenderal Imigrasi Unit Khusus Tangerang ini merupakan tempat pembuatan paspor untuk ke Timur Tengah. Para pemohon paspor yang dating kebanyakan berasal dari wlayah Pulau Jawa dan Nusa Tenggara Barat. “Mereka kebanyakan membuat paspor disini karena lebih dekat dan fasilitasnya lengkap. Untuk yang diluar jawa, biasanya membuat paspor di daerahnya masing-masing,” katanya.

 Menurutnya, untuk pembuatan paspor bias selesai dalam tiga hari jika dokumen lengkap dan tidak ada yang mencurigakan. “Selama persyaratan dipenuhi seperti KTP, KK, Ijaza dan surat nikah ada, bisa kita buat. Biayanya Rp 105 ribu,” ungkap Imam.

 Terkait rencana pembatasan pengiriman TKI ke Aras Saudi yang kini sedang di bahas Menteri Negara Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), saat ini pihaknya sedang menunggu hasil pembahasan tersebut.“Kita ikut instruksi pimpinan saja,” terangnya.

 Sementara salah satu calon TKI asal Karawang, Narti, 25, mengaku tetap akan tetap bekerja ke luar negeri meski adanya peristiwa hukum pancung yang menimpa Ruyati. “Saya mempersiapkan diri saja, berbekal pengalaman bekerja di Jedah selama 5 tahun. Sekarangs aya akan bekerja di Madinah,” katanya.(RAZ)

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill