Connect With Us

Puluhan Sopir Bus Dites Urine

| Rabu, 24 Agustus 2011 | 18:18

Cek kesehatan sopir. (tangerangnews / rangga)

TANGERANG-Guna memastikan sopir bus layak jalan mengangkut penumpang mudik, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama aparat gabungan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan kepolisian melakukan pengedekan kesehatan sopir bus mudik di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Rabu (24/8).

 Dalam pemeriksaan tersebut, pihaknya akan memastikan apakah ada zat obat-obatan yang dikonsumsi sopir mudik ini. Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk meminimalisir faktor resiko kecelakaan terpadu.

 “Kami ingin memastikan bahwa sopir tidak hanya bebas menggunakan obat terlarang. Namun juga bebas dari penyakit berat yang dialami. Pemeriksaan obat-batan ini kami melakukan dengan cara mengambil sempel urine, alkohol melalui alat outheler tiupan nafas, dan gula darah dengan pengecekan darah secara langsung,” Koordinator Pemeriksaan Kesehatan Pengemudi dari Kemenkes dr. Budi Rahardjo.

 Dari hasil dari pemeriksaan tersebut, lanjut Budi, nantinya akan direkomendasikan kepada dinas perhubungan setempat dan juga pihak kepolisian. Adapun rekomendasinya ada tiga, yakni layak ngememudi, layak dengan catatan dan tidak layak.

 “Mengacu dari pengalaman tahun lalu, umumnya layak mengemudi semua sopir meskipun ada catatan. Misalnya kandungan darahnya naik. Tetapi, untuk kadar alkohol hampir dipastikan tidak ada,” tegasnya.

 Sutino Wibowo, 44, sopir PO Gajah Mungkur, rute Tangerang-Ponorogo menilai, pemeriksaan ini sangat baik bagi para sopir. Sebab, para pengemudi biasanya suka menyepelekan pemeriksaan kesehatan karena terlalu sibuk dengan rutinitasnya.

 “Saya pribadi menganggap, pengecekan kesehatan ini penting. Karena, nyawa penumpang itu berada di tangan sopir. Saya berharap, pengecekan kesehatan dari pemerintah ini dilakukan sacara rutin, minimal tiga bulan sekali,” katanya.(RAZ)

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill