Connect With Us

Terima Transplatasi Ginjal Babi, Pria Ini Malah Dinyatakan Meninggal 

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 14 Mei 2024 | 11:45

Rick Slayman, 62, pria pertama penerima tranplantasi ginjal babi. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Nasib tragis dialami Rick Slayman, 62, pria asal Weymouth, Massachusetts, Amerika Serikat dinyatakan meninggal dunia Sabtu, 11 Mei 2024, lalu, setelah belum lama menjalani operasi transplantasi ginjal babi.

Dilansir dari Reuters, Selasa, 14 Mei 2024, Slayman merupakan orang pertama yang menerima tranplantasi ginjal babi, operasinya berlangsung pada Maret 2024 silam dengan proses mencapai empat jam.

"Keluarga kami sangat berduka atas kematian mendadak dari Rick yang tercinta tetapi merasa sangat terhibur mengetahui dia menginspirasi banyak orang," ucap keluarga Slayman dalam sebuah pernyataan.

Pihak Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston menyatakan, tidak ada indikasi penyebab kematian mendadak Slayman disebabkan oleh transplantasi tersebut.

Penderita penyakit ginjal stadium akhir ini sebelumnya menerima transplantasi ginjal manusia di rumah sakit yang sama pada tahun 2018 setelah tujuh tahun menjalani dialisis, tetapi organ tersebut gagal setelah lima tahun dan dia kembali menjalani perawatan dialisis.

Adapun ginjal babi yang ditransplantasikan ke Slayman disediakan oleh eGenesis dari Cambridge, Massachusetts. Ginjal tersebut berasal dari babi yang diedit secara genetik untuk menghilangkan gen yang berbahaya bagi penerima manusia dan menambahkan gen tertentu dari manusia untuk meningkatkan kompatibilitas.

Selain itu, virus bawaan babi yang berpotensi menginfeksi manusia juga telah dinonaktifkan.

Percobaan transplantasi ginjal ini awalnya dilakukan kepada monyet dengan bertahan hidup rata-rata selama 176 hari. Bahkan, dilaporkan para peneliti pada Oktober di jurnal Nature ditemukan kasus lebih dari dua tahun.

Pasien juga diberikan obat-obatan yang digunakan untuk membantu mencegah penolakan organ babi oleh sistem kekebalan, termasuk antibodi eksperimental yang disebut tegoprubart, yang dikembangkan oleh Eledon Pharmaceuticals (ELDN.O).

Sebagai tambahan, proses tranplantasi organ hewan ini sebelumnya telah dilakukan pada Januari 2022, yakni jantung babi yang telah dimodifikasi secara genetik kepada seorang pria berusia 57 tahun dengan penyakit jantung terminal, sayangnya pria tersebut meninggal dua bulan kemudian.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

HIBURAN
Kenapa Bulan Mei 2024 Terasa Sangat Lama? Begini Penjelasan Ahli

Kenapa Bulan Mei 2024 Terasa Sangat Lama? Begini Penjelasan Ahli

Senin, 27 Mei 2024 | 08:29

Banyak warganet di media sosial mengeluhkan bulan Mei 2024 terasa berjalan sangat lambat. Fenomena ini serupa seperti awal tahun 2024, yakni pada bulan Januari silam.

BANDARA
Tiba di Bandara Soetta, Caleg PKS Terpilih Aceh Tamiang Ini Ditangkap Jadi Pengendali Sabu 70 Kg

Tiba di Bandara Soetta, Caleg PKS Terpilih Aceh Tamiang Ini Ditangkap Jadi Pengendali Sabu 70 Kg

Senin, 27 Mei 2024 | 18:01

Seorang calon legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) terpilih dari Partai PKS di Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, bernama Sofyan ditangkap aparat Bareskrim Polri.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill