Connect With Us

Batan & Bapeten Kembali Bersihkan Titik Paparan Radiasi Nuklir

Rachman Deniansyah | Minggu, 16 Februari 2020 | 14:00

Tampak para petugas Batan & Bapeten Kembali Bersihkan Titik Paparan Radiasi Nuklir, Minggu (16/2/2020) (Rachman Deniansyah / TangerangNews)

 TANGERANGNEWS.com-Puluhan petugas Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) kembali melakukan proses clean up (pembersihan) paparan radiasi nuklir di Perumahan Batan Indah Blok J, Setu, Kota Tangsel, Minggu (16/2/2020). Puluhan petugas yang dilengkapi masker, sarung tangan, pelindung rambut, serta sepatu khusus itu langsung turun dengan mengambil sampel tanah di sekitar lokasi sumber paparan radiasi nuklir.

 

Dalam proses pengambilan sampel tanah itu, mereka pun turut diawasi ketat oleh personel Brimob Polda Metro Jaya. Kepala Biro Humas dan Kerjasama Batan Heru Umbara mengatakan, proses clean up ini dilakukan, lantaran di sekitar lokasi masih diduga terdapat titik paparan radiasi.

 

"Kita dari Batan dan Bapeten akan melanjutkan proses clean up yang kemarin belum selesai. Kita akan mengambil sisa-sisa tanah yang masih mengandung zat radioaktif untuk dibawa ke Batan untuk diolah," ucap Heru di lokasi.

 

Selanjutnya, kata Heru, Batan bersama Bapeten akan kembali melakukan pemantauan atau monitoring terhadap lokasi yang terpapar tersebut. "Seusai itu, kita akan melakukan mapping kembali sehingga daerah ini bisa kita nyatakan aman. Nah, selain itu tentunya kita juga akan melakukan identifikasi lanjutan. Apakah setelah yang nanti kita pindahkan masih ada paparan yang masih melebihi (batas ambang radiasi). Itu kita lakukan berikutnya setelah memindahkan tanah yang terkontaminasi," paparnya.

 

 Heru menjelaskan, dalam proses pembersihan yang memakan waktu berjam-jam itu, pihaknya sempat mendapatkan kendala. "Kendalanya di pengangkutannya. Jadi setelah pengangkutan tanah ini, kita akan berikan info lagi," pungkasnya.

 

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill