Connect With Us

Kenalan Yuk Sama  Polwan Cantik Asal Tangsel 

Rachman Deniansyah | Rabu, 1 September 2021 | 21:33

Polwan,Ipda Tita Puspita Agustina. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sederet kasus kejahatan yang menjadikan anak ataupun perempuan sebagai korbannya, kini masih menghantui Kota Tangerang Selatan. 

Namun di balik sederet kasus tersebut, terdapat sosok polwan berparas cantik yang selalu terjun dalam penanganan kasus tersebut.

Ia adalah Ipda Tita Puspita Agustina. Polwan berparas cantik yang kini menjabat sebagai Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tangerang Selatan. 

Bahkan tak jarang, sosoknya itu seolah menjadi sayap pelindung bagi mereka anak di bawah umur, ataupun perempuan yang menjadi korban kejahatan orang tak bertanggung jawab. 

Berkat kehadirannya, para korban seolah merasa aman dan nyaman bila berada di sisinya. 

Seperti yang terjadi pada kasus penganiayaan anak oleh ayah kandungnya, di Pondok Jagung Timur, Serpong Utara, Tangsel, yang sempat menghebohkan jagat maya, Mei 2021 silam. 

Kehadiran Ipda Tita pada saat itu, membuat anak berusia lima tahun yang menjadi korban penganiayaan, tetap dalam situasi yang aman dan nyaman. 

Ia menjemput, merangkul, dan menggendong korban begitu kasus tersebut terungkap, untuk pertama kalinya. 

Korban yang semula ketakutan pun, menjadi kembali ceria begitu aman dalam dekapannya. Hari demi hari, dilalui bersama.

Usai diasuh dalam beberapa hari olehnya. Anak itu seakan tak mau berpisah dengan Ipda Tita. Momen itulah yang sangat berbekas di benaknya hingga saat ini. 

Tepatnya saat korban hendak diserahkan kepada instansi terkait. Dalam hal ini adalah pihak Pemkot Tangerang Selatan. 

"Bahkan itu membuat saya terharu. Ketika kita mau pulang, anak itu berkata 'mau peluk Tante Tita dulu'. Langsung saya terharu, air mata pun, tapi saya harus tetap tahan. Biar dia enggak sedih," ujar Tita mengawali cerita yang tak terlupakan olehnya itu, Rabu 1 Agustus 2021. 

Pengalaman yang dialaminya itu, hanya satu dari sederet kisah yang dirasakan olehnya setiap harus menangani kasus kekerasan terhadap anak. 

Sebagai seorang perempuan, ia kerap kali terhanyut atas apa yang terjadi pada setiap korbannya. Entah pelecehan, kekerasan atau hingga penganiayaan. 

Karena baginya, bertugas dalam sederet kasus yang menjadikan anak sebagai korbannya, tak cukup bila tanpa ketulusan. 

"Karena kita lihat dari sisi kemanusiaannya ya. Dalam artian saya juga merasa turut serta gitu ya. Hati, pikiran dan perasaan kita ikut turut serta," ungkap Tita. 

Terlebih, anak-anak menurutnya adalah aset yang harus dijaga oleh siapapun. Mereka tak berdosa, dan mereka tak berhak untuk mendapatkan kekerasan dalam bentuk apapun. 

"Apalagi yang namanya anak-anak, dia kan memiliki rasa trauma sejak dini. Dan akan mempengaruhi tumbuh kembangnya di masa depan," imbuhnya. 

Ketulusan hatinya itu pun membuahkan prestasi baginya. Ia terbukti mampu menangani sederet kasus kekerasan terhadap anak. 

"Itu berawal dari perasaan kita yang tulus, terhadap mereka. Dari ketulusan itu akan mengalir sendiri. Dari rasa sayang, dan secara tidak langsung, tanpa kita ungkapkan. Mereka merasakan," ungkap Tita. 

Dari sederet kejadian pilu yang ditangani, perempuan berparas cantik lulusan Akpol 2019 itu berpesan untuk setiap orang tua untuk menjaga buah hatinya. 

Ia mengibaratkan anak kecil sebagai bidadari. Tak memiliki dosa dan harus diberi penuh rasa sayang. 

"Bagaimana caranya kita pendekatan, apalagi di era pandemi ini. Kekeluargaan, parenting, dan kedekatan dalam keluarga itu harus terjaga," kata Tita. 

"Saya berpesan agar tetap menjadi kekompakan, solidaritas, kasih sayang sesama keluarganya sendiri, terutama terhadap anak. Karena keluarga adalah tempat sandaran dan berlindung," tutup Tita.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill