Connect With Us

Bus Sekolah Gratis Bakal Antar Jemput Pelajar di Tangsel untuk Cegah Polusi, Ini Rutenya

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 5 September 2023 | 23:28

Uji coba Bus Sekolah Gratis di Tangerang Selatan pada Senin, 4 September 2023 (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan uji coba transportasi gratis untuk melakukan antar jemput para pelajar ke sekolah.

Transportasi yang difungsikan ialah Bus Trans Anggrek untuk para pelajar dari berbagai tingkatan mulai TK hingga Perguruan Tinggi.

"Salah satu solusi mengatasi kemacetan lalu lintas dan polusi udara, Pemkot Tangsel menyediakan Bus Sekolah Gratis yang akan menjangkau berbagai wilayah bagi para pelajar," ujar Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan dalam keterangannya dikutip Rabu, 5 September 2023.

Tiga armada bus telah disiapkan oleh Pemkot Tangsel dan melintasi dua trayek yang ditempuh, bersamaan nantinya akan dilihat antusiasme dan efektivitas operasional bus sekolah gratis ini.

"Dengan uji coba ini Dinas Perhubungan akan mengetahui sejauh mana antusiasme dan efektivitas Bus Sekolah ini dalam memberikan pelayanan," jelas Pilar.

Pilar menyebut jika uji coba ini berhasil maka APBD 2024 akan menambah jumlah unit Bus Sekolah Gratis agar dapat menjangkau seluruh wilayah di Tangsel.

"Dishub juga sudah lakukan sosialisasi kepada sekolah-sekolah. Dan alhamdulillah pada antusias dan bilang kok cuma ada 3. Jadi kita sampaikan ini uji coba, kalau ini berhasil berarti tahun depan kita anggarkan penambahan bus sekaligus juga kita kerja sama dengan pihak swasta," kata Pilar.

Menurut Pilar, program transportasi melalui Bus Sekolah gratis ini menjadi salah satu upaya untuk menekan polusi di wilayah Tangsel.

Lanjutnya, Dinas Komunikasi dan Informasi pun telah diinstruksikan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat memantau kapasitas Bus Gratis tersebut secara real time, serta dilengkapi dengan CCTV keamanan dan layar monitor yang menunjukkan map koridor jalur trayeknya.

Adapun rute pertama yang dilewati ialah ruas jalan mulai dari Kecamatan Serpong Utara - Jalan Villa Melati Mas- Jalan Pahlawan Seribu - Jalan Letnan Sutopo - Jalan Boulevard BSD Timur - Jalan Anggrek Loka - Jalan Anggrek Ungu - Jalan Angsana - Jalan Pusaka Kencana - Jalan Artowijoyo - Jalan Wana Kencana - Tandon Ciater.

Sementara rute kedua, melintasi Kantor Kecamatan Serpong Utara - Jalan Melati 1 - Jalan Villa Melati Mas Raya - Jalan Pahlawan Seribu - Jalan Letnan Sutopo - Jalan Ciater Raya - Jalan Benda Raya - Jalan Parakan, Pamulang.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill