Connect With Us

Warga Tidak Mampu di Tangsel dapat Sambungan Listrik Gratis dari PLN

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 19 September 2023 | 21:59

PLN bersama Kementerian ESDM memberikan bantuan sambungan listrik gratis untuk warga tidak mampu di wilayah Tangerang Selatan dalam program Bantuan Pasang Baru Listrik 2023 (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra )

TANGERANGNEWS.com– Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, PT PLN (Persero) bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan sambungan listrik untuk warga tidak mampu.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementrian ESDM, M.P. Dwinugroho mengatakan, bantuan sambungan listrik gratis ini rencananya akan dilakukan kepada 92 rumah tangga di Tangerang Selatan (Tangsel) yang tersebar di 2 kecamatan.

Adapu kriteria penerima program bertajuk Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) ini diperuntukkan bagi rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

Selain itu, calon penerima BPBL yang memenuhi kriteria telah divalidasi oleh Kepala Desa/Lurah atau pejabat yang setara.

"Direncanakan Provinsi Banten akan mendapat alokasi sebesar 2.500 rumah tangga penerima BPBL di tahun 2023 ini," terangnya.

Dwinugroho memaparkan, bantuan ini merupakan respon atas upaya pemenuhan rasio elektrifikasi di 0,30% rumah tangga belum berlistrik yang sebagian besar berada di wilayah terpencil.

Padahal, hingga Juni 2023 rasio elektrifikasi di Indonesia telah mencapai 99,70%, sehingga hal ini menjadi perhatian khusus agar akses listrik dapat semakin menjangkau ke seluruh masyarakat.

Dia berharap program BPBL ini dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat.

"Dengan memiliki akses listrik sendiri, masyarakat penerima manfaat BPBL diharapkan tidak lagi tergantung penyediaan listrik dari tetangga," katanya.

Executive Vice President (EVP) Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PT PLN (Persero) Tonny Bellamy menyatakan, hingga 18 September 2023 sebanyak 2.167 rumah di Provinsi Banten sudah menyala.

"Artinya progres BPBL di Provinsi Banten sudah mencapai 87%, dan kami pastikan tidak lama lagi, akan mencapai 100%,” ujar Tonny pada Rabu, 20 September 2023.

Tonny berharap, kolaborasi bersama Kementerian ESDM melalui program BPBL 2023 dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui potensi bisnis dalam Ekosistem Listrik.

"Semoga dengan pelaksanaan Program BPBL 2023 dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," tuturnya.

Saroni warga Kampung Koceak, Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu, Tangsel, mengucapkan rasa terima kasihnya lantaran mendapatkan bantuan sambungan listrik gratis tersebut.

Menurutnya, sambungan listrik gratis ini amat membantu aktivitas sehari-harinya. Terlebih, ia tidak perlu ketergantungan lagi dengan tetangga hanya untuk mendapatkan akses listrik.

"Saat ini saya sudah dapat menikmati listrik secara mandiri. Saya dan keluarga juga dapat beraktivitas dengan tenang karena rumah menjadi terang,” tukasnya.

BANTEN
Kisah Inspiratif Srikandi PLN Hadapi Tantangan Hadirkan Layanan Listrik 

Kisah Inspiratif Srikandi PLN Hadapi Tantangan Hadirkan Layanan Listrik 

Jumat, 3 Mei 2024 | 17:45

PT PLN (Persero) memberikan kesempatan bagi para pegawai wanita, atau Srikandi PLN, untuk berperan dalam menjaga keandalan pasokan listrik dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KOTA TANGERANG
Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:53

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen meningkatkan program pelestarian potensi cagar budaya.

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill