Connect With Us

11 September Hari Radio Nasional, Begini Sejarahnya

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 11 September 2022 | 18:25

Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) di Kota Bandung. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Saat ini telah berkembang begitu banyak media akibat perkembangan zaman semakin pesat. Meski begitu jangan lupa terhadap media konvensional terdahulu yang bahkan berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia, salah satunya radio.

Hari ini, tanggal 11 September 2022 diperingati sebagai Hari Radio Nasional sesuai dengan berdirinya radio pertama di Indonesia, Radio Republik Indonesia (RRI).

RRI telah menjadi saksi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. RRI tidak hanya mempelopori radio siaran sebagai alat penyebaran informasi dan semangat perjuangan, tapi juga menjadi alat propaganda serta pergerakan bangsa dalam melawan penjajahan, seperti dilansir dari Merdeka, Minggu 11 September 2022.

RRI berdiri secara resmi pada 11 September 1945, pemicu utama berdirinya RRI akibat siaran radio Hoso Kyoku dihentikan pada 19 Agustus 1945, menurut laman resmi Komisi Penyiaran Indonesia.

Saat itu, masyarakat Indonesia baru saja merdeka dari penjajahan, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Kemudian kabar yang beredar dari radio-radio luar negeri mengatakan Belanda akan kembali melanjutkan kekuasaannya di Indonesia. Tidak tinggal diam, para praktisi radio menyadari betapa pentingnya peran radio pada kala itu sebagai media informasi.

Menindaklanjuti hal tersebut, lalu diadakannya pertemuan bersama pemerintah pada 11 September 1945, tepatnya pukul 17.00 di bekas gedung Raad Van Indje Pejambon, Jakarta.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh delapan orang bekas radio Hosu Kyoko yakni Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Soetarji Hardjolukita, Soemarmadi, Sudomomarto, Harto dan Maladi.

Dalam pertemuan tersebut para praktisi radio yang diwakili Abdulrahman Saleh menjelaskan betapa pentingnya peran radio terutama saat itu tentara sekutu akan segera mendarat di Jakarta akhir September 1945. Radio dapat menjadi alat komunikasi antara pemerintah dengan rakyat.

Dari hasil pertemuan, terbentuklah Persatuan Radio Republik Indonesia sebagai penerus penyiaran dari delapan stasiun di Jawa, RRI menjadi alat komunikasi dengan rakyat dan pemerintah RI, serta semua hubungan antara pemerintah dan RRI dapat disalurkan melalui Abdulrachman Saleh.

Meski sempat berbeda pendapat, simpulan tersebut disanggupi Pemerintah RI. Setelah itu, pukul 24.00 WIB delapan stasiun radio di Jawa tersebut kembali mengadakan rapat, dari hasil rapat akhirnya didirikannya RRI dan Abdulrachman Saleh sebagai pemimpinnya.

Berikut beberapa link Twibbon yang bisa diakses untuk turut serta memeriahkan hari lahirnya Radio Republik Indonesia dan hari Radio Nasional:

1. https://www.twibbonize.com/rri-77

2. https://www.twibbonize.com/hariradonasional

3. https://www.twibbonize.com/rribjmhariradio77

4. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-RI.s!=8085

5. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-RI.s!=8083

6. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-RI.s!=8081

7. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-Nasional.s!=8080

8. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-RI.s!=8079

9. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-Nasional.s!=8078

10. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-RI.s!=8077

Twibbon tersebut sebagai bentuk rasa terima kasih dan mengingatkan kepada generasi muda betapan pentingnya peran radio dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

NASIONAL
Susah Punya Anak Gegara Infertilitas, Begini Cara Mengatasinya Menurut Dokter

Susah Punya Anak Gegara Infertilitas, Begini Cara Mengatasinya Menurut Dokter

Rabu, 12 Juni 2024 | 09:20

Mempunyai anak merupakan harapan banyak pasangan yang telah menikah. Namun, keinginan untuk segera memiliki momongan tidak selalu bisa terpenuhi dengan cepat.

OPINI
Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:21

Adapun perpanjangan waktu ekspor konsentrat tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mempertimbangkan kelangsungan produksi dan pencapaian hilirisasi industri.

KAB. TANGERANG
Restorasi Lingkungan, Alam Sutera Tanam 10 Ribu Mangrove di Ketapang Tangerang

Restorasi Lingkungan, Alam Sutera Tanam 10 Ribu Mangrove di Ketapang Tangerang

Rabu, 12 Juni 2024 | 21:46

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Suvarna Sutera anak perusahaan Alam Sutera Group, melakukan gerakan restorasi fungsi ekologis dengan menanam 10 ribu bibit pohon mangrove di Ketapang Urban Aquaculture, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

TEKNO
Jangan Beli Infinix Note 40 Sebelum Baca 11 Fitur Unggulannya, Nomor 6 Mirip iPhone 

Jangan Beli Infinix Note 40 Sebelum Baca 11 Fitur Unggulannya, Nomor 6 Mirip iPhone 

Selasa, 11 Juni 2024 | 10:27

Infinix Note 40 menjadi merupakan salah satu seri ponsel terbaru dari Infinix, Note 40 menawarkan sejumlah fitur menarik yang meningkatkan produktivitas dan kenyamanan penggunaan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill