Connect With Us

Keren! AEON Mal BSD City Beralih Gunakan PLTS, Reduksi 712 Ton Emisi Karbon

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 30 Januari 2024 | 18:39

AEON Mal BSD City Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-AEON Mal, jaringan pusat perbelanjaan asal Jepang yang telah beroperasi pada empat lokasi di Indonesia, memperkenalkan salah satu inisiatif keberlanjutan melalui instalasi sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Inisiatif tersebut merupakan implementasi dari Visi Dekarbonisasi AEON 2050 yang ditetapkan sejak tahun 2018 dan AEON berkomitmen untuk beralih ke sumber energi bersih di seluruh mal-nya pada tahun 2025.

Bekerja sama dengan Surya Nippon Nusantara (SNN), perusahaan patungan antara induk perusahaan SUN Energy dan Sojitz Corporation, AEON memperkenalkan sistem PLTS pertamanya yang berlokasi di AEON Mal BSD City Tangerang.

Fasilitas PLTS yang diinstalasi di kawasan AEON Mal BSD City, diperkirakan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 1.161 MWh setiap tahunnya.

PLTS ini secara langsung dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik operasional mal, seiring dengan komitmen transisi dan capaian 100% bauran energi, melalui produksi serta konsumsi energi terbarukan di fasilitas mal yang dikelola oleh AEON.

Jumlah energi listrik yang dihasilkan oleh sistem PLTS ini setara dengan reduksi emisi karbon sebesar 712 ton per tahun.

Saat ini, AEON Mal juga telah memulai instalasi sistem PLTS di lokasi AEON kelima di Indonesia, yakni AEON Deltamas yang masih dalam tahap konstruksi.

Dion Jefferson, Deputy CEO SUN Energy menyatakan sebagai pengembang PLTS dengan rekam jejak di salah satu PLTS terbesar di pusat perbelanjaan yakni QBIG Mal, SUN Energy melalui SNN akan sepenuhnya mendukung langkah AEON Mal menyediakan fasilitas PLTS pada lima lokasi di Indonesia.

"Bagi kami (SUN Energy), kehadiran PLTS di ruang publik seperti pusat perbelanjaan turut mempromosikan pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi terbarukan yang terjangkau dan efisien kepada masyarakat secara luas," tutur Dion, Selasa 30 Januari 2024.

Sejak diresmikan pada bulan November tahun lalu, entitas SNN telah menargetkan pangsa pasar industri/komersial asal Jepang yang beroperasi di Indonesia.

SNN akan terus mengembangkan bisnis terkait energi terbarukan di Indonesia, termasuk baterai penyimpanan, bisnis terkait kendaraan listrik, layanan efisiensi energi, dan layanan pasokan bahan bakar tanpa emisi seperti hidrogen, ammonia, dan biofuel.

"SNN bertujuan mendukung upaya dekarbonisasi pelanggannya dengan menyediakan solusi energi bersih yang komprehensif, seperti AEON yang akan memanfaatkan sistem energi terbarukan di setiap lokasi operasionalnya," terang Dion.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KAB. TANGERANG
Jelang Pilbup 2024, Parpol dan Ormas di Kabupaten Tangerang Diminta Jaga Etika Politik

Jelang Pilbup 2024, Parpol dan Ormas di Kabupaten Tangerang Diminta Jaga Etika Politik

Rabu, 24 April 2024 | 22:01

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang mengumpulkan perwakilan partai politik (parpol) dan organisasi masyarakat (ormas), menjelang pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) Tangerang 2024.

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill