Connect With Us

PT Angkasa Pura II Berangkatkan 10 Avsec Berprestasi ke Singapura

Denny Bagus Irawan | Senin, 18 Januari 2016 | 15:33

Petugas Avsec di Bandara Soekarno-Hatta saat memeriksa penumpang. (Dira Derby / Tangerangnews)

TANGERANG-Petugas Aviation Security (Avsec) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ternyata tak semua pernah naik pesawat. Padahal mereka adalah garda terdepan dalam pelayanan kepada para penumpang.  

 

Hal itu diketahui setelah mereka menjalani pelatihan pengayaan komunikasi agar perselisihan  dengan calon penumpang tak kembali terjadi.

 

Karenanya, President Director PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi menggagas bagi mereka yang bisa bekerja dengan komunikasi baik akan diterbangkan ke Singapura.

 

“Dari sekitar 1.000 lebih petugas Avsec, ternyata banyak yang belum pernah naik pesawat,” aku Budi, Senin (18/1).  Pengelola bandara akan menerbangkan para petugas Avsec setiap semester sebanyak 10 orang. Upaya itu dilakukan agar para petugas Avsec dapat memperkaya diri dengan menggunakan bahasa dan kalimat yang baik dalam meningkatkan pelayanan.  

 

Sekitar 300 petugas Avsec mendapat giliran untuk menjalani pelatihan pengayaan cara berkomunikasi yang menghadirkan motivator Aqua Dwipayana . “Ironis kan jika mereka yang sehari-hari bertugas di Bandara, tetapi mereka belum pernah naik pesawat. Bandara ini kan laboraturium terbaik komunikasi, berbagai macam orang ada di sini ” tutur Aqua.

 

Budi menyatakan, pentingnya memberikan informasi dan penjelasan kepada para penumpang dengan kalimat yang baik merupakan masalah serius dalam melayani penumpang yang beragam.  Karenanya, target dari pemberian reward yang akan dilakukan oleh PT Angkasa Pura II adalah agar para Avsec memiliki kemampuan berkomunikasi.

 

 “Mereka itu kan face to face dengan penumpang, kalau mereka tegas dianggap menghina, kalau mereka terlalu sopan akan dilunjak, ini kami sebut penting,” jelasnya.

 

Dari ribuan Avsec itu akan diseleksi untuk menjadi trainer sebanyak 5% bagi para rekan-rekannya sendiri.  Kemudian trainer itu akan memberikan masukan mengenai reward kepada para petugas Avsec yang telah menjalani service kepada  penumpang dengan sopan dan santun. Salah seorang petugas Avsec yang ikut dalam pelatihan tersebut, Yasinda Bella mengatakan, dirinya  memang memerlukan pelatihan tersebut agar dapat melayani penumpang yang berasal dari berbagai kalangan.

 

“Saya jadi tahu bahwa harus menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami semua orang, rendah hati dan menjadi pendengar yang baik. Karena memang ini sangat bersetuhan dengan pekerjaan saya,” tuturnya.

 

 Sedangkan soal reward pergi ke Singapura menurutnya itu dapat menjadi motivasi agar dia bisa lebih baik lagi dalam melayani para penumpang.

“Jelas saya kepingin terbang juga dong,” tuntasnya.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill