Connect With Us

4 Titik di Tol Tangerang-Merak Ini Rawan Macet saat Puncak Arus Mudik Nataru

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 21 Desember 2022 | 14:32

Gerbang Tol (GT) Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak. (@TangerangNews / Pikiran Rakyat)

TANGERANGNEWS.com-Tol Tangerang-Merak sebagai salah satu jalur perlintasan yang dilalui para pemudik pada Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) diprediksi bakal macet di sejumlah titik.

Kemacetan tersebut lantaran kepadatan arus kendaraan di Tol Tangerang-Merak diprediksi naik 3,81 persen dari tahun lalu.

Jumlah kendaraan yang melintas diprediksi meningkat sejak 20 Desember 2022 atau H-5 Natal, hingga 3 Januari 2023 atau H+3 tahun baru.

"Diprediksi trafik Nataru tahun ini rata-rata sekitar 164.274 kendaraan yang akan melintasi ruas jalan tol Tangerang-Merak," ujar Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Astra Tol Tangerang-Merak Samsul Chair mengatakan, seperti dikutip dari otomotifnet.com, Rabu 21 Desember 2022.

Menurut Samsul, puncak dari arus mudik natal diprediksi terjadi pada 22 Desember 2022, dengan dilintasi sebanyak 178.000 kendaraan.

Sedangkan untuk puncak arus balik akan terjadi pada 5 Januari 2022, dilintasi sebanyak 174.000 unit kendaraan.

"Adapun titik rawan macet tersebut di antaranya di Gerbang Tol Cikupa, Serang Timur, Cilegon Timur dan Merak," jelas Samsul.

Meski begitu, pengelola ruas tol paling ujung barat pulau Jawa itu tetap mengantisipasi dengan berbagai langkah yang telah dipersiapkan.

"Maka dari itu akan dilakukan optimalisasi layanan transaksi melalui penambahan gardu tandem, mobile reader dan penambahan petugas di Gerbang tol Merak serta Gerbang-gerbang jalur wisata, seperti Gerbang Tol Serang Timur, Serang Barat dan Cilegon Timur," ujar Samsul.

Peningkatan kendaraan tersebut, karena banyak masyarakat memanfaatkan libur Nataru untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman bagi yang merayakan Natal.

Selain itu juga juga momen untuk melakukan wisata keluarga pada musim liburan anak sekolah.

Umumnya masyarakat yang melintas di ruas Tol Tangerang-Merak ke arah Merak akan menyebrang ke Bakauheni, Sumatera.

"Momen Nataru berbeda dengan momen mudik lebaran. Libur Nataru penyumbang terbanyak itu masyarakat Jakarta yang mau berlibur ke wilayah Banten," tutup Samsul.

KAB. TANGERANG
Pj Bupati Tangerang Sambut Kedatangan Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa Tingkat Banten

Pj Bupati Tangerang Sambut Kedatangan Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa Tingkat Banten

Senin, 24 Juni 2024 | 18:55

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony menerima tim klarifikasi lapangan lomba desa tingkat Provinsi Banten tahun 2024 di Desa Cirarab, Kecamatan Legok, pada Senin, 24 Juni 2024.

PROPERTI
Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Kamis, 13 Juni 2024 | 20:35

Pusat otomotif terpadu BEZ Auto Center besutan Paramount Land, yang berlokasi di Illago Grande, Gading Serpong, resmi diluncurkan pada Selasa, 11 Juni 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill