Connect With Us

Tangerang Macet Akibat Banjir, Simak 8 Tips Menghindari Kemacetan

Fahrul Dwi Putra | Senin, 14 November 2022 | 10:54

Kemacetan di Fly Over Cibodas, Kota Tangerang, akibat banjir, Rabu 5 Oktober 2022. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah wilayah Tangerang diguyur hujan deras yang mengakibatkan banjir di beberapa titik. Banjir tersebut pun menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Kemacetan akibat banjir tersebut terjadi sejak Minggu 13 November 2022, malam hingga Senin 14 November 2022, pagi.

Terpantau kemacetan terjadi salah satunya di kawasan Lippo Village Karawaci dan ruas jalan Cimone ke arah Flyover Cibodas.

Tentunya, keadaan macet sangat mengganggu. Selain urusan menjadi terhambat, kemacetan yang terlampau padat dapat menyebabkan stres pada pengemudi.

Berikut sejumlah tips menghindari macet seperti dilansir dari tirto.id, Senin 14 November 2022:

 

Persiapkan rencana perjalanan 

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya tentukan terlebih dahul tujuan beserta rencana perjalanan, dengan merancang akses jalan seperti apa yang hendak dilalui.

Hal ini nantinya dapat memberikan perkiraan jalan mana saja yang berpotensi macet sehingga bisa mencari alternatif jalan lainnya. 

 

Membiasakan carpooling

Budaya untuk bergantian mengemudi dengan menggunakan kendaraan pribadi atau disebut dengan carpooling. Caranya yakni, Seseorang bisa bergantian dengan kolega mereka untuk melakukan perjalanan bersama menggunakan satu kendaraan. 

 

Berangkat lebih awal 

Ini merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk terhindar dari macet. Lakukan perjalanan lebih awal mendahului dari waktu kendaraan mulai padat.

Cara tersebut tepat digunakan untuk keperluan berangkat ke kantor atau sekolah. Namun, harus menentukan waktu yang tepat, sebab banyak yang berpikiran sama untuk berangkat lebih awal. 

 

Cek CCTV jalan raya 

Kemajuan teknologi yang sangat tepat, kini tiap orang dapat memantau kondisi jalan tertentu melalui CCTV yang dapat diakses melaluii website khusus.

Dengan mengetahui tayangan realtime tersebut dapat membantu untuk menghindari lokasi-lokasi yang rawan macet.

 

Pahami waktu puncak kepadatan lalu lintas 

Hidup di kota besar seperti Tangerang, perlu memahami waktu-waktu kepadatan lalu lintas, termasuk yang bersifat reguler seperti macet karena banjir dan kecelekaan atau situasi musiman seperti saat mudik hari raya.

Informasi mengenai kemacetan telah banyak tersedia di media-media sehingga dapat membantu mengetahui jam-jam sibuk jalan raya. 

 

Ikuti terus arus lalu lintasnya 

Ketika terjebak dalam kemacetan panjang, seseorang cenderung terdorong untuk keluar dari jalur jalan yang diikuti saat itu. 

Sebaiknya keinginan tersebut ditunda. Sebab, mengambil jalur lain justru bisa membuat keadaan makin kacau dan kemacetan lebih sulit diurai. 

 

Gunakan kendaraan roda dua 

Jika dalam melakukan perjalanan tidak membawa penumpang atau barang-barang tertentu, sebaiknya gunakan kendaraan roda dua.

Selain lebih mudah untuk meloloskan diri dan lebih mudah bermanuver dalam ruang yang cukup sempit. Kendaraan roda dua tidak memenuhi seluruh badan jalan.

 

Naik transportasi umum 

Cara alternatif selanjutnya adalah dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta api komuter atau busway. Transportasi umum memiliki jalur tersendiri sehingga cenderung tidak begitu terpengaruh oleh kemacetan.

PROPERTI
Berhasil Kelola 2.304 Ton Sampah di BSD Tangerang, Sinar Mas Land Raih Award4Change

Berhasil Kelola 2.304 Ton Sampah di BSD Tangerang, Sinar Mas Land Raih Award4Change

Kamis, 6 Juni 2024 | 02:53

Sinar Mas Land, melalui proyek townshipnya BSD City, menerima penghargaan bergengsi Award4Change “Circular Township Award” karena dinilai berhasil mengelola 2.304,4 ton sampah dari masyarakat di kawasan tersebut.

TANGSEL
Apakah Skoliosis pada Ibu Hamil Berbahaya? Ini Faktanya

Apakah Skoliosis pada Ibu Hamil Berbahaya? Ini Faktanya

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:33

Skoliosis adalah kondisi di mana tulang belakang melengkung ke samping. Biasanya berbentuk huruf C atau S.

BANTEN
PLN UID Banten dan REI Banten Teken MoU untuk Hunian Modern

PLN UID Banten dan REI Banten Teken MoU untuk Hunian Modern

Kamis, 13 Juni 2024 | 08:10

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, bersama PLN Icon Plus, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Banten.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill