Connect With Us

Menteri ATR/BPN Serahkan 303 Sertifikat Aset Pemda dan BUMN se-Banten

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 27 Juli 2023 | 15:44

Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto menyerahkan 303 sertifikat aset pemerintah kota dan kabupaten serta BUMN se-Provinsi Banten, Kantor Wali Kota Tangerang, Kami 27 Juli 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto menyerahkan 303 sertifikat aset pemerintah kota dan kabupaten serta BUMN se-Provinsi Banten.

Penyerahan itu dilakukan di Kantor Wali Kota Tangerang, Kami 27 Juli 202, dengan dihadiri Pj Gubernur Banten Al Muktabar serta Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah serta Forkopimda setempat.

Hadi mengatakan, sertifikasi ini merupakan program yang terus dilaksanakan untuk memitigasi aset-aset daerah, sehingga program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bisa berjalan dengan baik.

Dengan demikian, tidak ada lagi tumpang tindih sertifikat maupun permasalahan mafia tanah yang kerap merugikan masyarakat.

"Tujuan kami seluruh wilayah (asetnya) terdaftar, Jadi investor yang datang dapat kepastian hukum, serta memudahkan program digitalisasi untuk melaksanakan sertifikat secara elektronik," katanya.

Bagi pemda yang asetnya telah disertifikasi, Hadi berharap agar segera menyelesaikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Tujuannya agar memudahkan para investor datang ke Indonesia, untuk mengurus persyaratan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) atau izin lokasi.

"Di Provinsi Banten ini baru dua KKPR yang terhubung dengan aplikasi OSS (Online Single Submission). Mudah mudahan RTDR bisa diselesaikan di Banten ini, sehingga investor dapat kepastian hukum dan iklim investasi di Banten bisa naik," ujarnya.

Hadi menyebut saat ini iklim ekonomi di Banten tengah baik, terlihat dari nilai sertifikat yang digadaikan mencapai Rp90,5 triliun, yang digunakan sebagai modal usaha.

"Artinya masyarakat di Banten sangat produktif untuk meningkatkan ekonomi mereka, jadi kita bantu menyelesaikan permasalahan sertifikat ini," jelasnya.

Sedangkan terkait jumlah aset tanah Provinsi Banten, dari 5 juta bidang yang sudah terdaftar sekitar 2,3 juta bidang atau sekitar 70 persen.

Untuk secara total di Indonesia ada 127 juta bidang dengan target 126 bidang terdaftar sampai tahun akhir 2024. Sisanya 1 juta bidang ditarget selesai tahun 2025.

"Program sertifikat ini terus kita laksanakan. Tahun ini Cilegon menjadi kabupaten kota (sertifikasi) terlengkap di Banten. Selanjutnya Kota Tangerang Selatan yang ditarget selesai," ujar Hadi.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan banyak aset yang sudah disertifikasi dan diserahkan Kementerian ATR kepada Pemkot Tangerang, terutama fasos fasum dari pengembang.

"Mudah-mudahan dengan kepastian hukum, kita bisa membangun, merevitalisasi dan memanfaatkannya untuk kepentingan masyarakat," paparnya.

Terkait bentuk dukungan program PTSL, menurut Arief pihaknya sudah menyosialisasikannya ke camat dan lurah agar memfasilitasi masyarakat.

"Kalau memang dimungkinkan dengan dana APBD, bisa membantu masyarakat untuk pengukuran dan sebagainya," terangnya.

NASIONAL
Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:02

Bagi umat Muslim, menunaikan ibadah haji adalah salah satu kewajiban agama yang sangat diidamkan. Selain menjadi momen spiritual yang mendalam,

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TEKNO
Smartphone OPPO Paling Banyak Dibeli Warga Indonesia di Awal Tahun 2024

Smartphone OPPO Paling Banyak Dibeli Warga Indonesia di Awal Tahun 2024

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:16

Smartphone OPPO tercatat sebagai ponsel yang paling banyak dibeli di Indonesia pada awal tahun 2024.

BISNIS
Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:06

Mengawali 2024, kinerja BTPN Syariah tetap terjaga. Hal ini tak lepas dari upaya Bank yang selektif dalam menyalurkan pembiayaan serta program pendampingan yang semakin intensif ke masyarakat inklusi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill