Connect With Us

Edho Zell Buka Marketplace Live TikTok di Tangerang, Raup Omzet hingga Rp1 Miliar

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 14 Februari 2023 | 14:38

Youtuber Edho Zell membangun bisnis marketplace konten kreator Socialbread di Kelurahan Sampora, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, tepatnya di dalam The Breeze BSD City Mall. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Edho Zell, salah satu Youtuber ternama Indonesia membuka bisnis layanan marketplace yang mempertemukan UMKM dan konten kreator.

Layanan yang ia beri nama Socialbread itu kantornya berlokasi di Kelurahan Sampora, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, tepatnya di dalam The Breeze BSD City Mall.

Tampak kantornya bernuansa kasual dengan perlengkapan yang estetik, sementara di lantai duanya terdapat beberapa ruangan khusus berbentuk boks dengan latar beragam yang digunakan oleh para mitra Socialbread untuk membuat konten atau disebut Creator hub.

Edho Zell menyebut bisnis marketplace yang dibangunnya itu sempat menembus omzet Rp1 Miliar hanya dari live streaming TikTok Shop seperti dikutip dari kanal Youtube ceritaombotak, Selasa 14 Februari 2023.

"Yang paling tinggi ya, itu sebulan tembus Rp1 M sebulan, cuma jualan di Live shopping TikTok," ujar Edho.

Selain itu, live shopping produk fashion sepatu sempat meraih omzet Rp600 juta dalam sebulan. Bahkan, sekadar bumbu dapat mencapai omzet Rp100 juta sebulan.

Bisnis yang ia kelola ini berfokus pada jasa marketplace, yakni Socialbread mempertemukan antara klien UMKM atau usaha kecil dengan kreator yang menjadi mitra dari Socialbread untuk mengelola media sosial guna memasarkan produk yang hendak dijual dengan cara kreatif lewat konten maupun live streaming.

"Tapi kreatornya bukan kreator sembarangan, sudah kita bina melalui kelas influencer, sekolah influencer, ada live streamer academy juga," katanya.

Alasan ia membangun bisnis marketplace konten kreator lantaran untuk menjawab permasalahan jasa live streaming yang mahal bagi kalangan UMKM.

"Kalau perusahaan biasanya pakai digital agency, tapi kalau UMKM pakai digital agency agak terlalu mahal, karena harus bayar fotografer, videografer, talent, copywriter, yang upload lagi, mahal karena bayar banyak orang," ucapnya.

Menurut Edho, jasa marketplace Socialbread miliknya tersebut, sangat cocok untuk kalangan bisnis kecil atau UMKM lantaran konten kreator mitranya dengan followers antara 10 ribu sampai 100 ribu masih mengerjakan segala sesuatunya sendiri, sehingga menekan biaya pengeluaran.

Untuk jadwal live shopping-nya, Edho menetapkan dua jam sehari per kreator selama satu bulan penuh untuk mengikuti algoritma agar menaikkan penjualan.

Sementara untuk jam live-nya dimulai dari pukul 18.00 hingga 24.00 WIB secara bergantian. Sebab, menurut Edho waktu malam hari lebih efektif dari segi penjualan dibandingkan siang hari.

"Live setiap hari, profit sharing sama kita 15 persen dengan minimal bayar kita Rp15 juta, ya untuk bayar streamer, studio, dan segala macamnya" jelas Edho.

Konten kreator sekaligus pebisnis muda ini juga mulai membangun akademi kreator untuk umum bagi siapa saja yang ingin belajar menjadi konten kreator, tetapi dengan tarif yang telah ditentukan.

"Nanti kalau kita lihat ada yang bagus-bagus, ya kita ajakin berpartner sama kita jadi mitra," ungkapnya.

Adapun untuk menjadi mitra kreator dari Socialbread terdapat beberapa kriteria yang perlu dipenuhi, yakni minimal seribu followers di salah satu akun media sosial dan memiliki keinginan belajar yang tinggi.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

BANTEN
Proyek Tol Serang-Panimbang Sesi 2 Banten Ditarget Selesai Desember 2024

Proyek Tol Serang-Panimbang Sesi 2 Banten Ditarget Selesai Desember 2024

Kamis, 23 Mei 2024 | 22:27

Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Serang-Panimbang Sesi 2 di Provinsi Banten ditargetkan selesai pada Desember 2024.

NASIONAL
1.168 Napi Beragama Buddha Dapat Remisi Waisak, 8 Diantaranya Langsung Bebas

1.168 Napi Beragama Buddha Dapat Remisi Waisak, 8 Diantaranya Langsung Bebas

Jumat, 24 Mei 2024 | 13:57

Sebanyak 1.168 narapidana (napi) beragama Buddha mendapat remisi khusus (RK) Hari Raya Waisak dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill