Connect With Us

30 Petani Rumput Laut Tangerang Diajar Pascapanen dan Sistem Resi Gudang

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 19 Juni 2024 | 17:49

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menyelenggarakan sosialisasi mengenai Pascapanen dan Sistem Resi Gudang Rumput Laut di Hotel Istana Nelayan, Kota Tangerang, pada Rabu, 19 Juni 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menyelenggarakan sosialisasi mengenai Pascapanen dan Sistem Resi Gudang Rumput Laut di Hotel Istana Nelayan, Kota Tangerang, pada Rabu, 19 Juni 2024.

Acara ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Tangerang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. 

Sekitar 30 petani rumput laut dari berbagai wilayah di Kabupaten Tangerang hadir dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola dan memasarkan hasil panen.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Rini Dwi Ari Hayati menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan sebagai langkah strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Selain itu, sosialisasi juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran petani rumput laut tentang praktik terbaik dalam pasca panen, pengelolaan, pemasaran rumput laut, serta manfaat dari sistem resi gudang untuk meningkatkan nilai ekonomis dan keberlanjutan industri rumput laut.

Rini mengatakan, produksi rumput laut di sektor perikanan sebagai komoditas memiliki potensi besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Terlebih, Kabupaten Tangerang memiliki wilayah potensial untuk pengembangan rumput laut di sepanjang garis pantai dari Teluk Naga hingga wilayah Kemiri. 

"Potensi ini harus selalu ditingkatkan agar rumput laut dapat menjadi komoditas unggulan yang mengangkat perekonomian masyarakat pesisir," ujar Rini dalam sambutannya.

Tak hanya itu, rumput laut juga bisa menjadi alternatif pangan yang sangat bernilai gizi, dan produk olahannya dapat membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat pesisir, sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan mereka.

Rini berharap melalui kegiatan ini, para petani rumput laut dapat terus mengembangkan pengetahuannya, mulai dari pengelolaan hingga pemasaran, serta dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam kepada para petani tentang proses pasca panen rumput laut serta manfaat dari sistem resi gudang.

"Sehingga dapat memberikan dampak positif bagi para petani rumput laut di Kabupaten Tangerang," pungkasnya.

NASIONAL
PLN Dorong Transisi Energi Bersih melalui Kolaborasi Global

PLN Dorong Transisi Energi Bersih melalui Kolaborasi Global

Senin, 15 Juli 2024 | 21:51

PT PLN (Persero) terus memperkuat kolaborasi internasional untuk mempercepat transisi energi di Indonesia dengan meningkatkan pembangunan pembangkit energi baru terbarukan (EBT).

AYO! TANGERANG CERDAS
Pelajar Wajib Tahu, 5 Tips Beradaptasi di Sekolah Baru

Pelajar Wajib Tahu, 5 Tips Beradaptasi di Sekolah Baru

Senin, 15 Juli 2024 | 08:34

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk beberapa jenjang telah selesai dilaksanakan. Selanjutnya, para calon peserta didik biasanya akan mengikuti kegiatan MPLS terlebih dahulu.

TOKOH
Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Selasa, 2 Juli 2024 | 10:45

Sejumlah partai politik telah menyodorkan calon yang akan diusung dalam kontestasi Pilkada serentak 2024 mendatang, salah satunya ialah sosok Faldo Maldini.

KAB. TANGERANG
Soma Atmaja Ditunjuk Jadi Plh Sekda Kabupaten Tangerang

Soma Atmaja Ditunjuk Jadi Plh Sekda Kabupaten Tangerang

Senin, 15 Juli 2024 | 18:51

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja ditunjuk menjadi Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill