Connect With Us

Kirim Pesan Undangan Digital Format Apk, Akun WA Sekda Kota Tangerang Diretas 

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 17 Juni 2023 | 09:20

Nomor WhatsApp Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman diretas dan digunakan untuk penipuan bermodus undangan digital (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Belakangan ini beredar pesan berisikan undangan digital dengan format Application Package File (Apk) yang dikirimkan oleh nomor WhatsApp Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman.

Rupanya, nomor WhatsApp milik Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman saat ini tengah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam pesan yang beredar, nomor tersebut mengirimkan sejumlah pesan yang berisikan undangan pernikahan, kemudian disertai dengan sebuah file berukuran 7 MB dengan format Apk.

Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui akun Instagram @tangerangtv mengimbau agar masyarakat tidak membuka file tersebut lantaran berpotensi mengandung virus komputer yang berbahaya.

"Dimohon diabaikan untuk tidak membuka undangan berformat .apk karena nomor tersebut sedang di-hack oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," tulisnya dikutip pada Sabtu, 17 Juni 2023.

Sebelumya, penipuan menggunakan file berformat Apk telah banyak terjadi dengan modus yang beragam, di antaranya kurir paket, surat tilang, hingga, undangan pernikahan.

Hal ini amat berbahaya lantaran jika korban membuka file tersebut, maka pelaku akan memiliki akses untuk membobol data-data korban, termasuk rekening bank.

Pihak Polda Metro Jaya melalui Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko telah memberi peringatan kepada masyarakat agar waspada terhadap segala bentuk penipuan.

“Polda Metro Jaya mengimbau penipuan dengan modus hoax atau informasi bohong harus diwaspadai oleh masyarakat,” katanya.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

HIBURAN
Diduga Narkoba, Chandrika Chika 'Papi Chulo' Ditangkap Polisi 

Diduga Narkoba, Chandrika Chika 'Papi Chulo' Ditangkap Polisi 

Rabu, 24 April 2024 | 07:56

Selebgram dan Tiktoker cantik yang sempat viral lewat joget Papi Chulo, Chandrika Chika diamankan polisi usai diduga terlibat penyalahgunaan narkoba.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill