Connect With Us

Kirim Pesan Undangan Digital Format Apk, Akun WA Sekda Kota Tangerang Diretas 

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 17 Juni 2023 | 09:20

Nomor WhatsApp Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman diretas dan digunakan untuk penipuan bermodus undangan digital (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Belakangan ini beredar pesan berisikan undangan digital dengan format Application Package File (Apk) yang dikirimkan oleh nomor WhatsApp Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman.

Rupanya, nomor WhatsApp milik Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman saat ini tengah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam pesan yang beredar, nomor tersebut mengirimkan sejumlah pesan yang berisikan undangan pernikahan, kemudian disertai dengan sebuah file berukuran 7 MB dengan format Apk.

Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui akun Instagram @tangerangtv mengimbau agar masyarakat tidak membuka file tersebut lantaran berpotensi mengandung virus komputer yang berbahaya.

"Dimohon diabaikan untuk tidak membuka undangan berformat .apk karena nomor tersebut sedang di-hack oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," tulisnya dikutip pada Sabtu, 17 Juni 2023.

Sebelumya, penipuan menggunakan file berformat Apk telah banyak terjadi dengan modus yang beragam, di antaranya kurir paket, surat tilang, hingga, undangan pernikahan.

Hal ini amat berbahaya lantaran jika korban membuka file tersebut, maka pelaku akan memiliki akses untuk membobol data-data korban, termasuk rekening bank.

Pihak Polda Metro Jaya melalui Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko telah memberi peringatan kepada masyarakat agar waspada terhadap segala bentuk penipuan.

“Polda Metro Jaya mengimbau penipuan dengan modus hoax atau informasi bohong harus diwaspadai oleh masyarakat,” katanya.

SPORT
Pelatih Persita Sebut Gol Bunuh Diri Persebaya Berkat Usaha Timnya

Pelatih Persita Sebut Gol Bunuh Diri Persebaya Berkat Usaha Timnya

Sabtu, 24 Februari 2024 | 18:00

Pelatih Persita Tangerang Divaldo Alves mengklaim gol bunuh diri Persebaya dalam pekan ke-25 laga lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 berkata usaha dan kinerja tim besutannya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:11

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 16 peserta didik asal Tangerang Selatan (Tangsel) dari Sekolah Dasar (SD) Al-Azhar BSD mengikuti olimpiade matematika Southeast Asian Mathematics Olympiad (SEAMO).

MANCANEGARA
Nekat, Mahasiswa Pulang Pergi ke Kampus Naik Pesawat

Nekat, Mahasiswa Pulang Pergi ke Kampus Naik Pesawat

Minggu, 25 Februari 2024 | 18:46

Tim Chen, seorang mahasiswa University of British Columbia (UBC) asala Calgary, Kanada, nekat pulang pergi ke kampusnya menggunakan pesawat terbang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill