Connect With Us

Akibat Hujan, 13 Titik di Kota Tangerang Terendam Banjir Setinggi 60 Cm

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 25 Juli 2023 | 10:11

Kondisi banjir akibat curah hujan di bawah flyover Jalan Gatot Subroto, Kota Tangerang, Senin, 24 Juli 2023 (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 13 titik di Kota Tangerang tergenang banjir imbas hujan disertai angin kencang dengan durasi cukup panjang pada Senin, 24 Juli 2023.

Berdasarkan catatan petugas, ketinggian air yang berada di Kawasan Perumahan Garden City, Gebang Raya, dan Periuk mencapai maksimal 60 sentimeter.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono mengatakan, kondisi banjir tersebut berlangsung selama dua jam pasca hujan berhenti, tepatnya pada pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Diguyur Hujan Seharian, Kota Tangerang Terendam Banjir  

Titik banjir di Kawasan Industri Jatake Jatiuwung, Jembatan Alamanda Periuk, Kawasan PT Gajah Tunggal Pasir Jaya, Jalan Prabu Siliwangi Keroncong, Underpass Tan Cibodas, dan Jalan Galeong Karawaci, berangsur normal dan dapat dilewati oleh kendaraan maupun pejalan kaki.

"Karena memang, kebanyakan wilayah terjadi genangan hanya karena antrian air mengalir saja. Namun, saat ini semua wilayah di Kota Tangerang sudah kembali normal," ujar Ruta pada Selasa, 25 Juli 2023.

Dikatakan Ruta, saat terjadi banjir pihaknya telah melakukan penanganan berupa normalisasi drainase, yakni pengerukan sampah yang menghambat aliran air dan memastikan seluruh rumah pompa aktif.

Baca Juga: Diguyur Hujan Seharian, Sejumlah Wilayah di Tangerang Kebanjiran 

Oleh karena itu, Ruta mengimbau agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan rutin membersihkan tempat-tempat air mengalir.

"Rutin melakukan gotong royong lingkungan untuk kebersihan dan kesiapan drainase, embung, dan lainnya jika dihadapi hujan deras kembali," imbuhnya.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan menyebut, dari hasil koordinasi diketahui Katulampa sebagai hulu diambang normal dengan 11cm, Batu Beulah normal dengan -6,38cm, Bendungan Psr Baru normal dengan 11,39 meter, dan Bendungan Angke sebagai hulu normal dengan 55cm.

Selain itu, Maryono menyatakan tidak ada korban jiwa dalam bencan banjir ini. Namun, pihak BPBD sempat menangani pohon tumbang di SMAN 6 Kota Tangerang, Jalan Nyimas Melati, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Neglasari.

"Dengan ini, kami imbau seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk terus berhati-hati dalam beraktivitas dan berkendara," pungkasnya.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

PROPERTI
Hadirkan Perumahan Subsidi Berkualitas, MGK Serang Banten Sabet Penghargaan Duo Award 2024

Hadirkan Perumahan Subsidi Berkualitas, MGK Serang Banten Sabet Penghargaan Duo Award 2024

Selasa, 21 Mei 2024 | 22:45

PT Infiniti Triniti Jaya, melalui Perumahan Mulia Gading Kencana (MGK) di Serang, Banten, meraih dua penghargaan properti bergengsi di Indonesia.

NASIONAL
50 Kata-kata Ucapan Hari Raya Waisak 2024, Momentum Renungan Ajaran Buddha Gautama 

50 Kata-kata Ucapan Hari Raya Waisak 2024, Momentum Renungan Ajaran Buddha Gautama 

Kamis, 23 Mei 2024 | 09:34

Hari ini, umat Buddha di Indonesia tengah memperingati Hari Raya Waisak 2568 BE, yang jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill