Connect With Us

Cegah Kanker Serviks, 15.039 Siswi di Kota Tangerang Diimunisasi HPV

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 10 Agustus 2023 | 21:31

Para siswi SD di Kota Tangerang divaksin HPV untuk cegah kanker serviks, Kamis 10 Agustus 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan penambahan vaksin HPV, dalam program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang tengah berlangsung.

Program ini dilakukan bersama 39 puskesmas dengan sasaran 15.039 siswi di 556 Sekolah Dasar (SD) di Kota Tangerang.

“Saat ini tengah berlangsung program BIAS dengan imunisasi MR atau campak rubella dan turut disertakan vaksin HPV untuk seluruh siswi kelas V SD atau usia 11 tahun. Baik itu SD negeri, swasta, MI maupun Sekolah Kebutuhan Khusus (SKH),” ungkap dr. Dini Anggraeni, Kepala Dinkes Kota Tangerang, Rabu 9 Agustus 2023. 

dr Dini, menyatakan program ini menjadi salah satu komitmen Pemkot Tangerang untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Kanker Leher Rahim (Serviks) dengan melakukan introduksi vaksin baru, yaitu dan HPV dalam kegiatan BIAS.

Setiap anak perempuan kelas 5 atau usia 11 tahun, berhak mendapatkan pelayanan imunisasi HPV yang berguna untuk mencegah kanker leher rahim. 

“Kanker serviks dapat dicegah, salah satunya dengan pemberian imunisasi human papillomavirus (HPV), utamanya diberikan kepada anak-anak. Oleh sebab itu, Pemkot Tangerang mendukung penuh pelaksanaan introduksi imunisasi HPV dari kemenkes,” tegasnya. 

Dalam melaksanakan imunisasi HPV, sasaran yang harus dijangkau tidak hanya anak perempuan kelas 5 di sekolah formal, tetapi juga di sekolah-sekolah non formal. 

Bagi sasaran yang tidak bersekolah, imunisasi dapat dilaksanakan di posyandu remaja, puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

"Imunisasi juga dapat dilaksanakan di tempat-tempat dimana anak yang tidak bersekolah, itu berkumpul seperti rumah singgah anak jalanan, panti atau lembaga kesejahteraan sosial anak, rutan anak atau lembaga pembinaan khusus anak, sekolah non formal dan lainnya,” jelas dr Dini. 

Sebagai informasi, imunisasi HPV diberikan dua dosis dengan interval 12 bulan atau minimal 6 bulan. Dosis pertama pada anak perempuan usia kelas 5 SD/MI atau sederajat. Lalu, dosis kedua pada anak perempuan usia kelas 6 SD/MI atau sederajat.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TEKNO
Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Sabtu, 4 Mei 2024 | 12:42

Media sosial di bawah naungan perusahaan raksasa teknologi Meta, Instagram resmi akan menghapus fitur Flipside pada 24 Mei 2024 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill