Connect With Us

Cegah Diare, 14.704 Bayi di Kota Tangerang Diimunisasi Rotavirus

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 15 Agustus 2023 | 17:16

Pemberian imunisasi rotavirus kepada bayi di Kota Tangerang, Selasa 15 Agustus 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Kick Off Imunisasi Rotavirus serentak secara nasional, di Posyandu Nirwana, Kecamatan Karang Tengah, Selasa 15 Agustus 2023. 

Hal ini untuk mencegah terjadinya diare yang sangat rentan terjadi di usia bayi, serta menjalankan amanah Keputusan Menteri Kesehatan Nomor K.01.07/Menkes/1139/ 2022 tentang Pemberian Imunisasi Rotavirus.

Diketahui, imunisasi rotavirus di Kota Tangerang, pada dosis pertama adalah bayi usia dua bulan yang lahir mulai tanggal 16 Mei 2023.

Estimasi sasarannya sebanyak 14.704 bayi di 13 kecamatan, dengan target pelaksanaan rampung selama satu bulan.

Dengan ini, seluruh orangtua dapat mengantarkan anaknya untuk segera mendapat imunisasi rotavirus di 39 puskesmas dan seluruh posyandu yang ada di Kota Tangerang. 

“Hari ini kita lakukan kick off serentak di 39 Puskesmas dengan total target sasaran 14.704 bayi," kata dr Dini Anggraeni, Kepala Dinkes Kota Tangerang. 

Menurutnya, imunisasi jenis ini sangat penting dilakukan atau didapat para bayi di Kota Tangerang. Sebab, imunisasi rotavirus dapat mencegah terjadinya diare yang sangat rentan terjadi di usia bayi.

Dijelaskannya, diare merupakan penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan di dunia maupun di Indonesia. penyakit ini menjadi penyumbang kematian nomor dua terbesar setelah pneumonia pada bayi dan balita.

"Selain itu, pada diare yang berulang juga dapat menimbulkan masalah tumbuh kembang anak, yaitu masalah stunting. Karena itu, salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah dengan tiga perlindungan imunisasi rotavirus," ungkap dr Dini.

Imunisasi RV diberikan secara oral dengan dosis 0,5 ml atau lima tetes sebanyak tiga dosis pada bayi usia 2 bulan, 3 bulan dan empat bulan. Yakni dengan interval minimal empat mingguan antar dosis.

"Imunisasi rotavirus terakhir diberikan pada bayi usia enam bulan 29 hari," jelasnya.

dr Dini berharap dengan ditambahkan imunisasi rotavirus ke dalam imunisasi rutin lengkap, semua bayi dan balita di Kota Tangerang dapat terlindungi dari penyakit menular dan berbahaya.

"Jadi anak-anak bisa tumbuh sehat menjadi generasi penerus bangsa yang kuat dan membanggakan,” harapnya.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

KOTA TANGERANG
Sambut Liga 3 Nasional, Suporter di Kota Tangerang Deklarasi Damai

Sambut Liga 3 Nasional, Suporter di Kota Tangerang Deklarasi Damai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:23

Jelang penyelenggaraan Liga 3 Nasional 2023/2024, sejumlah suporter bersama Polres Metro Tangerang Kota dan Askot PSSI Kota Tangerang

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill