Connect With Us

Warga Tangerang Wajib Tahu, 5 Hal yang Harus Dilakukan saat Musim Hujan

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 10 Januari 2024 | 21:30

Kondisi banjir di sekitar Jalan Rawa Kambing, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Senin, 19 Juni 2023 (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Setiap kali musim hujan tiba, kekhawatiran utama yang muncul adalah potensi banjir, khususnya di wilayah Kota Tangerang. Bencana yang hampir selalu terjadi setiap tahun ini dapat menyebabkan kerugian materi yang signifikan. 

Untuk itu, sebaiknya memperhatikan beberapa hal untuk tetap aman ketika banjir melanda. Berikut langkahnya.

1. Lindungi Dokumen-dokumen Penting

Selamatkan dokumen-dokumen berharga seperti ijazah, akte kelahiran, sertifikat, dan dokumen kantor penting lainnya. Selain nilainya yang tak ternilai, kehilangan atau kerusakan dokumen-dokumen ini dapat menyebabkan keterlambatan dan biaya dalam penggantian. 

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya simpan semua dokumen dalam satu tempat khusus, misalnya koper, dan lindungi dengan plastik agar tetap aman dari air.

2. Persiapkan Peralatan Bertahan Hidup 

Ketika banjir melanda, seringkali kita dihadapkan pada kondisi ekstrem. Oleh karena itu, perlu persiapan dengan mengumpulkan alat-alat bertahan hidup seperti sepatu boot, sarung tangan, pelampung, pakaian, senter dengan baterai cadangan, korek api, kertas, pulpen, powerbank terisi penuh, pisau kecil, tali, lakban, dan uang tunai.

3. Siapkan Makanan Kering atau Instan

Jika evakuasi ke tempat yang lebih kering dan aman tidak dapat dihindari, disarankan untuk menyiapkan makanan kering atau instan yang dapat dikonsumsi selama masa pengungsian. Pastikan makanan tersebut kaya gizi, terutama untuk menjaga kesehatan anak-anak selama pengungsian.

4. Persiapkan Berbagai Jenis Obat-obatan

Ketika banjir melanda, kesehatan tubuh seringkali menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan berbagai jenis obat seperti obat batuk, pilek, alergi, demam, dan lainnya. Bagi mereka yang memiliki penyakit komorbid, pastikan obat yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi kesehatan mereka.

5. Pantau informasi dari sumber terpercaya

Lebih baik jika terus memantau perkembangan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) atau informasi resmi lainnya. Hal ini bertujuan agar tetap waspada terhadap risiko banjir.

Dengan mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil selama banjir seperti yang disebutkan di atas, diharapkan dapat memberikan informasi tambahan kepada masyarakat untuk menghindari korban luka atau korban jiwa selama bencana banjir.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill