Connect With Us

Warga Tangerang Wajib Tahu, 5 Hal yang Harus Dilakukan saat Musim Hujan

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 10 Januari 2024 | 21:30

Kondisi banjir di sekitar Jalan Rawa Kambing, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Senin, 19 Juni 2023 (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Setiap kali musim hujan tiba, kekhawatiran utama yang muncul adalah potensi banjir, khususnya di wilayah Kota Tangerang. Bencana yang hampir selalu terjadi setiap tahun ini dapat menyebabkan kerugian materi yang signifikan. 

Untuk itu, sebaiknya memperhatikan beberapa hal untuk tetap aman ketika banjir melanda. Berikut langkahnya.

1. Lindungi Dokumen-dokumen Penting

Selamatkan dokumen-dokumen berharga seperti ijazah, akte kelahiran, sertifikat, dan dokumen kantor penting lainnya. Selain nilainya yang tak ternilai, kehilangan atau kerusakan dokumen-dokumen ini dapat menyebabkan keterlambatan dan biaya dalam penggantian. 

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya simpan semua dokumen dalam satu tempat khusus, misalnya koper, dan lindungi dengan plastik agar tetap aman dari air.

2. Persiapkan Peralatan Bertahan Hidup 

Ketika banjir melanda, seringkali kita dihadapkan pada kondisi ekstrem. Oleh karena itu, perlu persiapan dengan mengumpulkan alat-alat bertahan hidup seperti sepatu boot, sarung tangan, pelampung, pakaian, senter dengan baterai cadangan, korek api, kertas, pulpen, powerbank terisi penuh, pisau kecil, tali, lakban, dan uang tunai.

3. Siapkan Makanan Kering atau Instan

Jika evakuasi ke tempat yang lebih kering dan aman tidak dapat dihindari, disarankan untuk menyiapkan makanan kering atau instan yang dapat dikonsumsi selama masa pengungsian. Pastikan makanan tersebut kaya gizi, terutama untuk menjaga kesehatan anak-anak selama pengungsian.

4. Persiapkan Berbagai Jenis Obat-obatan

Ketika banjir melanda, kesehatan tubuh seringkali menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan berbagai jenis obat seperti obat batuk, pilek, alergi, demam, dan lainnya. Bagi mereka yang memiliki penyakit komorbid, pastikan obat yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi kesehatan mereka.

5. Pantau informasi dari sumber terpercaya

Lebih baik jika terus memantau perkembangan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) atau informasi resmi lainnya. Hal ini bertujuan agar tetap waspada terhadap risiko banjir.

Dengan mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil selama banjir seperti yang disebutkan di atas, diharapkan dapat memberikan informasi tambahan kepada masyarakat untuk menghindari korban luka atau korban jiwa selama bencana banjir.

TEKNO
OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:51

Kabar gembira bagi para pencinta smartphone OPPO di Indonesia! Salah satu model terbaru OPPO A60, dikabarkan akan segera hadir di tanah air dalam waktu dekat.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

KAB. TANGERANG
Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:12

Seorang pengamen jalanan nekat melakukan percobaan bunuh diri dengan menyayat lehernya sendiri dengan pisau cutter di samping Pos Security POS 2 Griya Dadap, Kampung Dadap Jati, Kecamatan Kosambi, Jumat, 17 Mei 2024, sekira pukul 12:30 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill