Connect With Us

481 Ponsel Milik Tahanan Dimusnahkan

| Rabu, 20 Maret 2013 | 18:22

Lapas Tangerang. (tangerangnews / dira)

 

TANGERANG-Sebanyak 481 ponsel dan senjata tajam milik tahanan yang disita dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) se-Banten dimusnahkan Dirjen Pemasyarakatan, Rabu (20/3).
 
Barang sitaan tersebut dimusnahkan petugas dengan cara dibakar di lapangan Lapas Kelas 1 Tangerang.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Mochamad Sueb mengatakan, barang yang dimusnakan tersebut memang tidak diperbolehkan berada di dalam lapas dan rutan.
 “Ini tidak seharusnya diperbolehkan dipegang oleh penghuni lapas atau rutan, kedepan para petugas lapas atau rutan harus lebih maksimal dalam pengawasan,” tutur Sueb.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Banten Imam Santoso mengatakan, dalam pemusnahan kali ini, petugas dari enam rutan dan lapas yang ada di Banten, mengumpulkan 481 ponsel.
Bahkan banyak ponsel yang ber- tipe smartphone yang harganya mencapai jutaan ditemukan di dalam sel tahanan.

 “Selain ponsel ada pula lima sim card, 84 charger, 47 head set, dan 62 baterai ponsel. Ada juga lima buah flashdisk dan 1 modem. Selain benda elektronik, petugas pun memusnahkan benda tajam, ikat pinggang, dan berbagai barang terbuat dari logam semua kita musnahkan," katanya.

Ratusan barang bukti yang berhasil disita dari lapas dan rutan dari seluruh Banten tersebut, dikatakan Imam, berhasil didapat oleh petugasnya dari bulan Januari hingga awal Maret. Antara lain dari empat lapas di Kota Tangerang, satu lapas di Serang, dan satu rutan di Kabupaten Tangerang.

Untuk meminimalisir dan membatasi gerak para tahanan, Kantor Wilayah Hukum dan HAM Banten juga melantik 120 petugas Satuan Petugas Kemanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) yang akan disebar ke enam lapas dan rutan.

“Ke 120 petugas Satgas Kamtib ini langsung kami sebar ke masing-masing unit pelaksana teknik pemasyarakatan se Banten. Sehingga diharapkan, petugas kami akan lebih ketat lagi dalam hal pengamanan,” ujar Imam.(RAZ)
 
KOTA TANGERANG
Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:53

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen meningkatkan program pelestarian potensi cagar budaya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

NASIONAL
Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:02

Bagi umat Muslim, menunaikan ibadah haji adalah salah satu kewajiban agama yang sangat diidamkan. Selain menjadi momen spiritual yang mendalam,

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill