Connect With Us

Ini Wabah Penyakit Baru yang Mengancam Indonesia

FER | Jumat, 22 April 2016 | 15:00

Ilustrasi Bakteri (blogspot/google / TangerangNews)

TANGERANG-Beberapa daerah di Indonesia terancam wabah difteri. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang hidung, tenggorokan dan terkadang juga kulit Anda. Difteri merupakan penyakit yang sangat menular karena disebarkan lewat batuk dan bersin, atau akibat kontak dengan seseorang yang membawa bakteri difteri atau lewat sentuhan dengan barang-barang mereka seperti sprai dan pakaian. Semakin lama kontak terjadi, semakin tinggi kemungkinan Anda untuk tertular. 


Vaksin difteri sebenarnya sudah tersedia secara luas dan bahkan mungkin sudah diberikan sejak Anda masih berusia sangat muda. Namun, Anda tetap bisa bertemu dengan seseorang yang mengalami difteri dan tidak menutup kemungkinan tertular. Gejala-gejala dari penyakit ini meliputi:

 - Adanya bercak putih keabuan di bagian belakang tenggorokan
 -. Suhu tubuh yang tinggi, yang mencapai hingga 38C (100.4F), bahkan lebih

 -. Sakit tenggorokan

 -. Sesak dan sulit bernapas

Orang yang sudah berusia lanjut dan orang-orang dengan sistem imun tubuh yang sedang melemah memiliki risiko tertular lebih tinggi. Jika dibiarkan, difteri dapat menjadi fatal dan dapat menyebabkan komplikasi yang berpotensi kematian karena adanya radang jantung atau myocarditis, sesak napas dan masalah pada sistem saraf.

 

Difteri sendiri dapat diperiksa dengan memberikan sampel sel dari tenggorokan, hidung serta luka yang muncul pada kulit. Sampel ini dibutuhkan untuk memeriksa apakah benar bakteri penyebab difteri ada di dalam tubuh pasien.

Penanganan kondisi difteri harus dilakukan sesegera mungkin untuk menghindari terjadinya komplikasi serius. Jika dicurigai adanya keberadaan difteri, perawatan sebaiknya dimulai sebelum hasil tes keluar. Pasien harus segera mengonsumsi antibiotik dan obat antitoxin. Isolasi harus dilakukan di rumah sakit. Kemungkinan terjadinya komplikasi jantung dan saraf harus terus dimonitor, dan segera ditangani oleh spesialis. 

Untuk mencegah penularan difteri, vaksinasi harus diberikan kepada anak-anak. Orang dewasa sebaiknya juga memperbaharui vaksin, terutama jika memiliki rencana berkunjung ke bagian dunia yang rentan mengalami wabah difteri. Vaksin difteri bagi anak-anak ini perlu diberikan di usia dua bulan sebagai bagian dari pemberian vaksin wajib dan rutin

Difteri sendiri merupakan penyakit yang tidak sering terjadi, namun tetap berisiko jika terdapat setidaknya satu orang saja yang tertular. 

KAB. TANGERANG
Banjir Luapan Kali Cibeureum, PLN Matikan Sementara Aliran Listrik di Desa Cikande Tangerang

Banjir Luapan Kali Cibeureum, PLN Matikan Sementara Aliran Listrik di Desa Cikande Tangerang

Minggu, 5 Mei 2024 | 08:34

Wilayah pemukiman di Perumahan Taman Cikande, Desa Cikande, Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami banjir pada Jumat, 3 Mei 2023, sejak sore hingga malam.

TEKNO
Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Sabtu, 4 Mei 2024 | 12:42

Media sosial di bawah naungan perusahaan raksasa teknologi Meta, Instagram resmi akan menghapus fitur Flipside pada 24 Mei 2024 mendatang.

TANGSEL
Siswi SMP Diduga Dilecehkan Pria Berjaket Ojol usai Pulang Sekolah di Ciputat Tangsel

Siswi SMP Diduga Dilecehkan Pria Berjaket Ojol usai Pulang Sekolah di Ciputat Tangsel

Sabtu, 4 Mei 2024 | 14:45

Seorang siswi kelas 8 sekolah menengah pertama (SMP) di Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, diduga menjadi korban pelecehan usai pulang sekolah. Pelakunya diduga seorang pria yang mengenakan jaket ojek online (ojol).

NASIONAL
Jokowi Sebut Potensi Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia, PLN Siap Dukung

Jokowi Sebut Potensi Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia, PLN Siap Dukung

Sabtu, 4 Mei 2024 | 13:18

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut adanya potensi terbentuknya industri ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill