Connect With Us

PLN Tanam 283.739 Pohon Sepanjang 2023

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 16 Januari 2024 | 19:57

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah) bersama jajaran dan Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri saat melakukan penanaman mangrove seluas 10 hektar di kawasan konservasi Pasarbanggi, (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 283.739 pohon ditanam oleh PT PLN (Persero) di lahan dengan total seluas 141,45 Hektare (ha) yang tersebar di seluruh Indonesia sepanjang 2023.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, hal itu dilakukan dalam rangka kontribusi PLN di sektor kelestarian lingkungan melalui program prioritas Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). 

Menurut Darmawan, program penanaman pohon ini dapat mengurangi pencemaran udara sekaligus menjadikan lingkungan semakin sehat.

"Harapannya dapat memberi manfaat yang baik terutama untuk masyarakat dan lingkungan sekitar," ucap Darmawan pada Selasa, 16 Januari 2024.

Berdasarkan catatan, PLN bersama pemerintah Provinsi Yogyakarta membangun kawasan ekonomi hijau di Gunung Kidul pada Maret 2023, lalu.

Dalam kawasan tersebut, PLN menanam 50 ribu bibit pohon energi meliputi tanaman Kaliandra, Gamal dan Tarumn di tanah seluas 30 ribu hektar.

Pada Bulan yang sama, PLN bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merestorasi kawasan pesisir Pantura untuk mencegah abrasi pantai dan banjir rob dengan melakukan penanaman 100 ribu mangrove khususnya di Pasar Banggi Rembang yang terdampak dari perubahan iklim. 

Tak hanya itu, sebanyak 7.875 pegawai PLN kompak melakukan program konservasi sungai dan pantai pada 60 titik di 28 provinsi se-Indonesia dengan melakukan penanaman 36.211 pohon bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Juni 2023.

Lalu, pada Oktober 2023 PLN bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali melakukan penanaman serentak bertajuk "Satu Orang Satu Pohon" dengan total 70 ribu pohon.

Dikatakan Darmawan, PLN memiliki misi untuk mendukung capaian Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060. Untuk itu, berbagai persiapan seperti program perlindungan, pelestarian, dan pemulihan yang difokuskan untuk menjaga keseimbangan ekosistem yang terdampak perubahan iklim untuk meningkatkan kualitas hidup generasi mendatang.

"PLN berkomitmen tidak hanya fokus pada kegiatan bisnis semata, tetapi juga berdampak pada kehidupan masyarakat," tambahnya.

Selain itu, PLN juga melakukan program pelestarian lingkungan dan konservasi flora dan fauna dengan hasil 250 ribu meter persegi (m2) terumbu karang dan 13.244 satwa konservasi berhasil dilestarikan. 

Lanjut Darmawan, PLN telah menghadirkan air bersih bagi 5.327 Kepala Keluarga (KK) sepanjang 2023 yang diinisiasi dari 32 program air bersih dan sanitasi.

Enam program co-firing biomassa PLN juga dinilai sukses mengubah 53,1 Ton sampah menjadi energi listrik.

"Tidak hanya program penanaman pohon, program pemanfaatan FABA, konservasi flora dan fauna, co-firing biomassa, penyediaan air bersih, desa berdaya, hingga ekosistem kelautan juga dilakukan PLN untuk menopang masa depan yang lebih hijau," pungkas Darmawan.

NASIONAL
Catat! Daftar Tanggal Merah Libur Nasional dan Cuti Bersama Mei 2024, Ada Long Weekend

Catat! Daftar Tanggal Merah Libur Nasional dan Cuti Bersama Mei 2024, Ada Long Weekend

Senin, 29 April 2024 | 09:22

Bulan Mei 2024 akan diwarnai dengan sejumlah libur nasional dan cuti bersama.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill