Connect With Us

Sultan Tangsel, Aplikasi Kantor ATR/BPN untuk Konsultasi Daring Warga 

Rachman Deniansyah | Kamis, 30 Desember 2021 | 19:18

Kepala Kantor ATR/BPN Kota Tangsel, Harison Mocodompis . (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Tangerang Selatan  membuka konsultasi secara daring untuk menampung berbagai keluhan masyarakat terkait beragam permasalahan pertanahan. 

Kepala Kantor ATR/BPN Kota Tangsel, Harison Mocodompis mengatakan, layanan tersebut dapat dinikmati masyarakat Tangsel cukup hanya dengan mengunduh aplikasi yang dinamakan sebagai Sultan Tangsel. 

“Siapapun masyarakat boleh bergabung dan berkonsultasi dengan tujuh administrator pertanahan kami," ujar Harison di Serpong, Kamis, 30 Desember 2021. 

Misalnya, kata dia, masyarakat ingin bertanya mengenai proses sertifikatnya sampai di mana dengan menunjukkan nomor berkas yang dipegang pemohon melalui Sultan Tangsel tersebut.

Dengan begitu, pelayanan akan sangat mudah didapatkan oleh setiap masyarakat. Mereka tak perlu lagi datang ke kantor BPN. 

Masyarakat hanya perlu membuka aplikasi. Seluruh keluhan dan pertanyaan dapat dituangkan dengan mengikuti pertemuan daring. "Sementara untuk mendapatkan ID meeting zoom, dapat melihat Instagram Sultan Tangsel," imbuhnya. 

Harison menyebut, ada ketidaksinkronan jumlah berkas permohonan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2017-2020. Dari data kecamatan se-Tangsel terdapat sekira 5.000 berkas, sedangkan data di BPN Tangsel hanya sekitar 3.000 berkas. 

Hal tersebut disebabkan beberapa faktor seperti dokumen yang belum lengkap, belum bayar pajak, koordinasi yang kurang, atau pemohon sudah pindah. Ada juga karena objek tanahnya masih sengketa dan beberapa penyebab lainnya.  

“Sistem ini diharapkan bisa menampung keluhan masyarakat dan kita berkewajiban mendengar secara cepat," ucapnya. 

Adapun jadwal Sultan Tangsel yakni, Senin hingga Jumat dengan Sesi 1 pukul 09.00 sampai pukul 11.00 WIB. Sedangkan Sesi 2 pukul 13.00 sampai 15.00 WIB.

WISATA
Yuk Ajak Anak Main ke Kampung Dolan Khatulistiwa di Rawa Buntu Tangsel, Ada 20 Permainan Tradisional

Yuk Ajak Anak Main ke Kampung Dolan Khatulistiwa di Rawa Buntu Tangsel, Ada 20 Permainan Tradisional

Selasa, 11 Juni 2024 | 18:47

Kampung ini dibentuk pengembang properti Sinar Mas Land bersama warga pegiat komunitas Mpok Wati (Kelompok Wanita Tangguh dan Berseri), untuk melawan ketergantungan anak pada ponsel

HIBURAN
Besok Ada Band Triad di Penutupan POPDA XI Banten, Ini Lokasi Parkirnya

Besok Ada Band Triad di Penutupan POPDA XI Banten, Ini Lokasi Parkirnya

Rabu, 12 Juni 2024 | 12:54

Band besutan musisi senior Ahmad Dhani, Of Triad dijadwalkan manggung di Kota Tangerang pada Kamis, 13 Juni 2024.

BANTEN
Pemprov Banten Gelontorkan Rp698 Miliar Tangani Stunting

Pemprov Banten Gelontorkan Rp698 Miliar Tangani Stunting

Rabu, 12 Juni 2024 | 17:20

Pemerintah Provinsi (Pempov) Banten telah alokasikan anggaran sebesar Rp698 miliar lebih dalam rangka penanganan dan pencegahan stunting di tahun 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill