Connect With Us

Jangan Panik, Lakukan Ini Jika WhatsApp Error

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 26 Oktober 2022 | 00:40

Ilustrasi WhatsApp. (Fahrul Dwi Putra / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-WhatsApp merupakan salah satu layanan perpesanan instan yang memiliki banyak pengguna. Banyak aktivitas yang mengandalkan WhatsApp sebagai sarana komunikasi seperti urusan pekerjaan, kuliah, ataupun rencana-rencana bersama rekan.

Ketergantungan tersebut seringkali memicu kehebohan ketika WhatsApp mengalami kendala seperti yang terjadi pada siang tadi, Selasa, 25 Oktober 2022. Pengguna WhatsApp tiba-tiba saja tidak dapat mengirim pesan baik berupa teks maupun media.

Sebagai layanan berbasis daring, aplikasi sebesar WhatsApp pun tetap tak terhindarkan dari masalah tertentu. Meski begitu, para pengguna tidak perlu panik.

Melansir dari Cnnindonesia.com, berikut ini adalah langkah yang perlu dilakukan ketika mengalami gangguan pada WhatsApp:

 

1. Pastikan WhatsApp sedang down atau tidak

Langkah pertama jika mengalami gangguan pada WhatsApp ialah memastikan apakah server WhatsApp sedang down atau tidak. Cara memeriksanya yakni dengan mencoba membuka aplikasi lain. Apabila semuanya berfungsi normal, kemungkinan letak masalahnya ada pada WhatsApp itu sendiri. 

Selain itu, pengecekan pun dapat dilakukan menggunakan aplikasi Down Detector untuk memastikan server WhatsApp sedang down atau tidak. Sayangnya, jika memang sedang down tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu servernya kembali pulih.

 

2. Tutup dan buka kembali aplikasi

Ketika WhatsApp error dan server sedang normal, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menutup dan membuka kembali aplikasi WhatsApp. Telihat remeh, tetapi cara ini mampu membantu mengatasi bug dan memulihkannya.

 

2. Restart HP

Saat perangkat ponsel panas atau sudah terlalu penuh yang menyebabkan terganggunya performa WhatsApp, maka reboot atau restart hp dapat menjadi satu cara mengatasinya. Dengan cara ini membantu sistem operasi ponsel menjadi segar dan bekerja optimal.

Ketika proses restart, ponsel mengalami proses memuat ulang seluruh sistem. Semua file sementara dan sampah yang tidak digunakan akan dihapus, sehingga ketika ponsel kembali dinyalakan, sistem akan bekerja lebih ringan.

 

3. Uninstal lalu instal ulang WhatsApp

Menghapus atau uninstal aplikasi yang ada. Selanjutnya, buka Playstore dan unduh kembali WhatsApp. Cara tersebut dapat menjadi salah satu langkah penanganan ragam gangguan dari WhatsApp.

WhatsApp yang dihapusdan diinstal ulang dapat membersihkan cache, RAM. Selain itu, sistem kembali ke pengaturan awal, sekaligus memperbarui WhatsApp ke versi paling terbaru. Namun, sebaiknya terlebih dahulu mencadangkan data, terlebih jika ada data penting di WhatsApp.

 

4. Cek koneksi internet

Sinyal internet yang buruk atau tidak stabil menjadi salah satu sumber gangguan yang menyebabkan tidak terkirimnya pesan. Ketika mengalami gangguan, cobalah untuk mengecek aplikasi lain yang menggunakan koneksi internet atau melakukan browsing. Jika tidak membuah hasil, kemungkinan besar koneksi internet menjadi titik masalahnya.

 

5. Hapus cache

Meski berguna sebagai penyimpan data sementara, cache yang dibiarkan menumpuk dapat membuat aplikasi WhatsApp jadi lemot bahkan error.

Clear cache dapat menjadi solusi untuk membantu memperbaiki masalah pada aplikasi, seperti gagal memuat dan lainnya. Caranya, buka pengaturan di ponsel, pilih Apps, klik Manage Apps, cari aplikasi WhatsApp, pilih clear cache. 

 

6. Pastikan aplikasi sudah update

Aplikasi WhatsApp seringkali melakukan update untuk penambahan fitur baru atau memperbaiki bug. Untuk itu, periksa aplikasi WhatsApp di ponsel apakah terdapat permintaan pembaruan. Jika iya, maka segera update ke versi teranyar. Setelah itu, operasikan WA seperti biasa.

 

7. Gunakan aplikasi alternatif

Jika semua langkah telah dilakukan dan gangguan tak kunjung pulih. Maka, cara lain yang dapat digunakan yakni untuk sementara menggunakan aplikasi alternatif yang serupa.

Terdapat banyak aplikasi layanan perpesana seperti WhatsApp di Play Store, salah satunya yakni Telegram yang memiliki fitur yang tidak berbeda jauh.

Dengan menggunakan aplikasi alternatif, urusan-urusan penting yang tertunda akibat gangguan pada WhatsApp dapat kembali dilanjutkan.

Demikian beberapa langkah yang dapat dilakukan ketika aplikasi WhatsApp mengalami gangguan atau sedang server down.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

NASIONAL
Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 12:59

Libur Lebaran 2024 memang telah usai. Namun, ternyata masih ada dari kita yang memiliki sisa Tunjangan Hari Raya (THR) dan belum memanfaatkannya betul.

TANGSEL
Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Sabtu, 20 April 2024 | 14:52

Seorang pria paruh baya ditemukan tewas gantung diri di sebuah bangunan bekas kantor Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill