Connect With Us

Bjorka Muncul Lagi, Warganet Sebut Cuma Pengalihan Isu

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 14 Maret 2023 | 12:17

Ilustrasi peretasan situs dan data. (@TangerangNews / Shutterstock)

TANGERANGNEWS.com- Sosok peretas misterius Bjorka kembali beraksi usai lama menghilang namanya dari media sosial.

Mengutip dari utas Twitter @p4c3n0g3, Bjorka mengklaim telah meretas data dari BPJS Ketenagakerjaan dengan jumlah mencapai 5GB data pada 12 Maret 2023, lalu. 

Sebanyak 19 juta data BPJS Ketenagakerjaan telah berhasil disusupi oleh Bjorka. Lalu, data tersebut dihargai sebesar USD10.000.

"Bjorka kembali lagi! Kemaren tanggal 12 Maret 2023 Bjorka mengklaim memiliki 5GB data BPJS Ketenagakerjaan," tulisnya.

Sementara itu, Bjorka memberikan sampel sebanyak 100 ribu data berupa informasi pribadi untuk diakses yang berasal dari Daerah Istimewa Aceh.

"Ada 100k sampel data yang berisi NIK, NAMA LENGKAP, TGL LAHIR, ALAMAT, NO HP, EMAIL, JENIS PEKERJAAN, NAMA PERUSAHAAN, dll. Sampel data yang diberikan berasal dari provinsi DI Aceh," sambungnya.

Namun, setelah dilakukan pencocokkan data menggunakan aplikasi pelacak nama nomor handphone, sejumlah informasi dari data tersebut tidak sesuai.

"Karena tidak ada data pembanding, saya coba cari informasi nomor HP yang ada pada sampel data di getcontact/truecaller & mencocokan dengan namanya tapi ada beberapa data tidak sama," jelas akun @p4c3n0g3.

Sementara itu, kemunculan Bjorka kali ini tampaknya tidak mendapat respon yang baik dari masyarakat khususnya warganet seperti pada awal September 2022 silam.

Pasalnya, Bjorka digadang-gadang hanya sebuah pengalihan isu dari kasus gaya hedonisme para pejabat yang saat ini tengah jadi sorotan.

"Pernah kepikiran gaksih, kalo Bjorka itu ternyata orang pemerintah tp cuman kaya buat pengalih isu aja seakan2 dia musuh pemerintah, biar masyarakat tuh kegocek. Eh paham gaksih maksudku," tulis akun @sukaseblakpedas.

"gabisa mengalihkan isu dengan nangkap artis narkoba, dicoba pake jalur bjorka. abis ini kira kira pake jalur apa lagi," tulis akun @alrasyyd dikutip, Selasa 14 Maret 2023.

"Ga ngaruh juga, udah biasa data pribadi cuma jadi bungkus nasi. Mending Bjorka bongkar2 pejabat yang korupsi dan harta mereka yg disembunyikan," tulis akun @pakde_lukm4n.

Adapun pihak BPJS Ketenagakerjaan melalui akun resminya menyebut telah menindaklanjuti terkait dugaan peretasan data tersebut.

"Kami sedang melakukan koordinasi dan investigasi terkait kebenaran informasi adanya peretasan data, bersamaan dengan itu kami juga melakukan peningkatan keamanan sistem teknologi informasi sebagai tindakan preventif," kata BPJS Ketenagakerjaan.

BISNIS
Kredit Kendaraan Bermotor Bisa DP 0% di BCA Expoversary 2024 ICE BSD

Kredit Kendaraan Bermotor Bisa DP 0% di BCA Expoversary 2024 ICE BSD

Kamis, 29 Februari 2024 | 20:00

TANGERANGNEWS.com-Bank Central Asia (BCA) menawarkan berbagai promo menarik untuk kredit kendaraan bermotor dalam event BCA Expoversary 2024 di ICE, BSD City, Tangerang selama 29 Februari hingga 3 Maret 2024.

SPORT
Pelatih Persita Sebut Gol Bunuh Diri Persebaya Berkat Usaha Timnya

Pelatih Persita Sebut Gol Bunuh Diri Persebaya Berkat Usaha Timnya

Sabtu, 24 Februari 2024 | 18:00

Pelatih Persita Tangerang Divaldo Alves mengklaim gol bunuh diri Persebaya dalam pekan ke-25 laga lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 berkata usaha dan kinerja tim besutannya.

TEKNO
Dukung Target Nol Emisi Karbon, Telkomsel Gandeng Ericsson Gunakan Teknologi Ramah Lingkunan

Dukung Target Nol Emisi Karbon, Telkomsel Gandeng Ericsson Gunakan Teknologi Ramah Lingkunan

Kamis, 29 Februari 2024 | 20:28

Telkomsel menjalin kolaborasi strategis dengan Ericsson (NASDAQ: ERIC) dalam mengaktifkan fitur canggih Radio Access Network (RAN) Energy Efficiency, serta uji coba teknologi 5G Standalone (SA) pada jaringan Telkomsel.

OPINI
Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Sabtu, 17 Februari 2024 | 15:14

TANGERANGNEWS.com-Setahun terakhir harga beras terus mengalami kenaikan tinggi, bahkan kenaikan harga beras di tahun 2023 nyaris 20% dibandingkan dengan harga sebelumnya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill