Connect With Us

Awas Keliru, Simak 10 Tips Memilih Laptop Seken 

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 3 Juni 2023 | 14:05

Ilustrasi laptop bekas atau seken (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Membeli laptop bekas atau second-hand dapat menjadi pilihan yang baik untuk menghemat uang. 

Namun, penting untuk memilih dengan bijak agar Anda tidak mendapatkan laptop yang rusak atau usang. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih laptop bekas yang tepat:

1. Tentukan Kebutuhan Anda

Pertama-tama, tentukan kebutuhan Anda dalam menggunakan laptop. Apakah Anda membutuhkannya untuk pekerjaan, penggunaan sehari-hari, atau keperluan gaming? Dengan mengetahui kebutuhan Anda, Anda dapat memilih laptop bekas yang sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan.

2. Tentukan Anggaran Anda

Tetapkan anggaran yang realistis untuk membeli laptop bekas. Ini akan membantu Anda mempersempit pilihan dan fokus pada laptop yang sesuai dengan anggaran Anda.

3. Periksa Kondisi Fisik

Saat melihat laptop bekas, periksa kondisi fisiknya dengan teliti. Perhatikan apakah ada goresan, kerusakan, atau tanda-tanda keausan yang signifikan. Pastikan semua tombol, touchpad, dan port berfungsi dengan baik.

4. Periksa Spesifikasi

Periksa spesifikasi laptop seperti prosesor, RAM, kapasitas penyimpanan, kartu grafis, dan layar. Pastikan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Juga, periksa apakah laptop tersebut mendukung sistem operasi terbaru atau tidak.

5. Cek Umur Laptop

Tanyakan umur laptop kepada penjual. Laptop yang lebih baru umumnya akan memiliki umur yang lebih panjang dan dapat mendukung pembaruan dan upgrade perangkat lunak di masa mendatang.

6. Cek Riwayat Pemakaian

Cobalah untuk mengetahui riwayat pemakaian laptop tersebut. Tanyakan apakah laptop tersebut digunakan secara intensif atau jarang digunakan. Laptop yang jarang digunakan cenderung memiliki masa pakai yang lebih lama.

7. Uji Laptop

Mintalah penjual untuk menghidupkan laptop dan uji fungsionalitasnya. Pastikan semuanya berjalan lancar, termasuk sistem operasi, aplikasi, dan koneksi internet. Uji juga daya tahan baterai dan suhu laptop saat digunakan.

8. Periksa Garansi

Jika mungkin, cari tahu apakah laptop bekas tersebut masih memiliki garansi sisa. Hal ini dapat memberikan perlindungan tambahan jika terjadi masalah setelah pembelian.

9. Perbandingkan Harga

Lakukan riset harga untuk laptop bekas serupa di pasaran. Bandingkan harga yang ditawarkan dengan harga pasar untuk memastikan Anda mendapatkan penawaran yang adil.

10. Beli dari Sumber Terpercaya

Akhirnya, belilah laptop bekas dari sumber yang terpercaya. Misalnya, Anda dapat mencari penjual yang memiliki reputasi baik di toko online atau melalui rekomendasi dari teman atau keluarga.

 

Demikian beberapa tips memilih laptop seken. Ingatlah untuk berhati-hati dan teliti dalam memilih laptop bekas.

KAB. TANGERANG
Pj Bupati Tangerang Sambut Kedatangan Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa Tingkat Banten

Pj Bupati Tangerang Sambut Kedatangan Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa Tingkat Banten

Senin, 24 Juni 2024 | 18:55

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony menerima tim klarifikasi lapangan lomba desa tingkat Provinsi Banten tahun 2024 di Desa Cirarab, Kecamatan Legok, pada Senin, 24 Juni 2024.

TOKOH
Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:08

Dindin Komarudin, akrab dikenal sebagai "Abah Dindin," telah mendirikan rumah singgah bernama "Yayasan Kumala" sejak tahun 2004 untuk membantu anak-anak jalanan.

HIBURAN
Serunya Bermain Salju Bersama Tayo the Little Bus di Mal Ciputra Tangerang

Serunya Bermain Salju Bersama Tayo the Little Bus di Mal Ciputra Tangerang

Senin, 24 Juni 2024 | 18:06

Mal Ciputra Tangerang kembali menghadirkan event untuk mengisi liburan sekolah yakni Snow Fantasy With Tayo The Little Bus, yang berlangsung dari tanggal 14 Juni hingga 14 Juli 2024.

MANCANEGARA
Wuih, SIM Indonesia Bakal Berlaku di Negara-negara ASEAN

Wuih, SIM Indonesia Bakal Berlaku di Negara-negara ASEAN

Senin, 24 Juni 2024 | 09:33

Surat Izin Mengemudi (SIM) akan segera berlaku di negara-negara ASEAN pada Juni 2025 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill