Connect With Us

Catat Tagihan Listrik Lebih Mudah, Simak Cara Pakai Fitur SwaCAM di PLN Mobile

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 27 Februari 2024 | 15:13

Ilustrasi mengecek tagihan listrik. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- PLN Mobile menjadi salah satu aplikasi unggulan yang diandalkan masyarakat untuk layanan kelistrikan.

Bahkan, hingga akhir Februari 2024 aplikasi PLN Mobile telah diunduh oleh 3,57 juta pelanggan PLN di Provinsi Banten dengan rating aplikasi nyarks sempurna, yakni 4,9.

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki PLN Mobile ialah layanan ‘Catat Meter' yang memudahkan pelanggan listrik pascabayar untuk dapat mengecek perkiraan tagihan pemakaian listrik bulanannya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten Abdul Mukhlis mengungkapkan fitur catat meter tersebut bernama Swadaya Catat Angka Meter' (SwaCAM).

Melalui layanan ini, pemakaian listrik akan transparan dan secara presisi sehingga pelanggan dapat mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan.

Abdul Mukhlis menjelaskan, akses layanan SwaCAM sangat praktis dan mudah. Berikut caranya.

1. Buka aplikasi PLN Mobile

2. Pilih menu Catat Meter

3. Pilih mulai swacam dan foto angka stand meter yang ada di kWh meter

4. Pilih ID pelanggan

5. Masukkan angka stand meter

6. Kirim

Setelah mengikuti langkah di atas, estimasi biaya tagihan rekening listrik akan muncul. Tagihan listrik akan keluar setiap awal bulan berikutnya sehingga pembayaran listrik bisa dilakukan dengan mudah melalui Aplikasi PLN Mobile.

Salah satu warga Banjarwijaya, Kota Tangerang Heriyansa mengaku telah merasakan manfaat fitur ini sejak awal Januari 2022 lalu.

Dirinya merasa terbantu dalam hal mengurus tagihan listrik rumahnya selama ini.

“Saya bisa memantau penggunaan listrik di rumah dan langsung tahu estimasi tagihan listrik yang harus dibayar nantinya. Ini sangat membantu saya dan istri yang kesehariannya sibuk bekerja," katanya.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill